Selasa, 21 Mei 2024

Pabrik Semen Baturaja Perkuat Kapasitas SDM Dengan Core Value AKHLAK

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Semen Baturaja (Persero) Tbk telah resmi menerapkan core values AKHLAK kepada seluruh insan Semen Baturaja. Core values AKHLAK sendiri yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, yang diyakini telah selaras dengan strategi dan tujuan Semen Baturaja. Peluncuran Core Values AKHLAK BUMN Infrastruktur tersebut, diinisiasi oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk, pada Jumat (2/10/2020). Di mana, seluruh klaster infrastruktur turut ikut serta memeriahkan acara secara virtual, melalui zoom meeting dan siaran langsung platform Youtube.

 

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran Direksi Semen Baturaja, dengan mengundang Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Alex Denni dan Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian sebagai pembicara. Tak hanya Semen Baturaja, namun jajaran BUMN yang termasuk dalam klaster infrastruktur juga, turut mulai melakukan penyelarasan nilai-nilai utama Kementerian BUMN dengan nilai-nilai perusahaan masing-masing.

 

Penyelarasan nilai-nilai perusahan disesuaikan dengan kebijakan Kementerian BUMN , yang ditetapkan dalam Surat Edaran Menteri BUMN Nomor: SE/7/MBU/07/2020 tanggal 1 Juli 2020. Surat tersebut membahas tentang tentang nilai-nilai utama (Core Values) Sumber Daya Manusia (SDM) BUMN. Semua BUMN wajib menerapkan nilai-nilai utama AKHLAK, untuk menjadi budaya perusahaan.

 

‘’Seluruh karyawan/ti dan anak usaha, harus mulai menerapkan nilai budaya yang baru dan melaksanakan dengan sebaik-baiknya,” kata Direktur Utama Semen Baturaja Jobi Triananda Hasjim, Sabtu (3/10/2020).

 

Penerapan nilai utama ini juga mulai diselaraskan, pada Key Performance Indicator (KPI) karyawan/ti di Semen Baturaja. Menurutnya, internalisasi AKHLAK penting dilakukan untuk mewujudkan peran BUMN sebagai tonggak pertumbuhan ekonomi, motor kesejahteraan sosial, penyedia lapangan kerja dan penyedia talenta di masyarakat dalam melayani negeri.

 

“Seluruh jajaran BUMN yang termasuk dalam klaster infrastruktur turut mulai melakukan penyelarasan nilai-nilai utama Kementerian BUMN dengan nilai-nilai perusahaan masing-masing,” tutur Jobi.

 

Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Alex Denni menjelaskan, jika perusahaan BUMN pasti memiliki core values masing-masing. Namun dengan adanya core values AKHLAK, perusahaan BUMN disatukan dan menjadi satu keluarga.Dengan banyaknya perubahan global yang tidak dapat dibendung, dan dunia yang semakin cepat berubah.

 

Menurutnya, dengan adanya penyelarasan ini akan memudahkan perusahaan untuk adaptif dan bertransformasi menjadi lebih baik ke depannya.

 

‘’Karyawan BUMN harus bisa beradaptasi karena tantangan industri semakin kuat, apalagi didalam industri semen di Indonesia. Kompetitor saat ini bisa datang dari berbagai lini dan bahkan dari negara lain. Saatnya bertindak lebih gesit dan merubah lini bisnis untuk Indonesia yang lebih baik,” ujarnya.

 

Sumber: Bisnis.comLiputan6

Foto: dok. Semen Baturaja

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU