Kamis, 23 Mei 2024

PTPP Rampungkan Ruas Tol Manado-Danowudu

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT PP (Persero) Tbk berhasil menyelesaikan pembangunan proyek Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 kilometer. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melakukan peresmian pengoperasian Jalan Tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara pada hari Selasa (29/09). Peresmian pengoperasian tersebut dilakukan secara virtual dari Istana Negara di Bogor Jawa Barat didampingi oleh Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan Menteri BUMN Erick Thohir. Sedangkan, acara peresmian Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu dipusatkan di Gerbang Tol Manado diwakili oleh Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono yang turut hadir secara langsung di lokasi peresmian proyek mewakili Pemerintah.

 

Acara peresmian tersebut turut dihadiri secara langsung oleh Novel Arsyad selaku Direktur Utama, M. Toha Fauzi selaku Direktur Operasi 2, Bandung Sasmitoharjo selaku SVP Divisi Infrastruktur 1, Fatchul Birri selaku SVP OBC & SCM, dan Yuyus Juarsa selaku SVP Corporate Secretary Perseroan. Selain itu, dalam acara peresmian tersebut juga dihadiri oleh Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur, Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung George Manurung, Kapolda Sulawesi Utara Irjen. Pol. Drs. RZ. Panca Putra Simanjuntak, Pangdam Merdeka Mayjend. TNI Santos Matondang, Plt Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni, dsb. Pelaksanaan peresmian tersebut menerapkan protocol kesehatan Covid-19 secara ketat bagi para undangan yang hadir di lokasi acara.

 

Kedepannya, Jalan Tol Manado-Bitung akan memiliki total lintasan sepanjang 40 kilometer dimana merupakan jalan tol terpanjang saat ini di Provinsi Sulawesi Utara. Perseroan telah berhasil menyelesaikan Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu dengan panjang 26 kilometer, dimana gerbang tol terdekat dengan Bandara Sam ratulangi hanya berjarak 9 kilometer sehingga dapat memotong waktu tempuh perjalanan sebelumnya melalui jalan nasional. Selain itu, perjalanan dari Manado ke Bitung atapun sebaliknya yang tadinya ditempuh dengan waktu 1,5 jam perjalanan menjadi 1/2 jam perjalanan saja.  

 

Pada sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan rasa syukurnya atas Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu yang telah rampung.

 

“Sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat. Nanti jika seluruh ruas ini sudah selesai, panjangnya mencapai 40 Km. Gerbang tolnya (GT Manado) hanya 9 Km atau sekitar 12 menit dari Bandara Sam Ratulangi. Jadi, sangat dekat,” ujar Presiden Jokowi dalam peresmjian tersebut.

 

Sumber: Kontan.co.idWarta Ekonomi

Foto: BISNIS/Lukas Hendra

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU