Sabtu, 13 Juli 2024

Borobudur Akan Dikembangkan Menjadi Bali Baru

ads-custom-5

Sleman, BUMNinfo | Pemerintah bakal mengembangkan objek wisata Candi Borobudur menjadi tempat wisata utama. Diharapkan objek wisata itu bisa menjadi Bali Baru untuk dunia pariwisata di Indonesia.

Direktur Teknik dan Infrastruktur PT TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Mardijono Nugroho, menjelaskan saat ini BUMN tersebut tengah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah untuk menyiapkan Borobudur menjadi tempat wisata utama wilayah Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar).

Mardijono Nugroho mengatakan pihaknya sudah menyiapkan fasilitas di sekitar Borobudur agar memenuhi standar internasional.”Fasilitas termasuk pola ticketing dan penataan lingkungan sudah kami siapkan,” katanya.

Mardijono Nugroho menjelaskan salah satu fasilitas yang telah dibangun adalah Balai Ekonomi Desa (Balkondes). “Kami meningkatkan fasilitas seperti Balkondes itu bagian dari pendukung Borobudur. Ada 20 unit Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang sudah dibangun dan dapat mendukung fasilitas di Borobudur,” terangnya.

Selain itu, kata Mardijono Nugroho, telah ditenerapkan sistem tiket elektronik (e-ticketing) di Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Alih-alih mendapatkan karcis, setiap pengunjung yang datang akan memperoleh kartu khusus untuk membuka gerbang menuju candi setelah membayar secara tunai atau dengan kartu kredit.

Saat ini, kata Mardijono Nugroho tengah dikembangkan trip planner atau perencanaan perjalanan yang memungkinkan terhubungnya satu candi dengan candi yang lain. “Kita membangun nanti trip planner atau perencanaan perjalanan. Jadi nanti terkoneksi antara Candi Prambanan, Candi Borobudur, dan Joglosemar,” ucapnya.

Menurutnya, kebijakan menjadikan Borobudur jadi Bali baru adalah tepat karena dapat mengembangkan pariwisata. “Kami mendukung karena ini bagian dari pengembangan pariwisata. Apalagi dengan adanya bandara baru di Kulon Progo nanti,” katanya

Sumber: jogja.idntimes.com

Foto: gstatic.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU