Senin, 29 April 2024

BGR Logistics Luncurkan Dua Aplikasi Pangan

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics meluncurkan dua aplikasi pangan sekaligus. Aplikasi ini dibuat untuk mendukung program #belanjadiwarungtetangga yang digagas oleh Kementerian Koperasi dan UKM dengan tujuan untuk pemulihan perekonomian UMKM di Indonesia yang terdampak negatif pandemi Covid-19.

 

“Keberadaan aplikasi ini dapat membantu pemerintah membangun digitalisasi UMKM, sebagai solusi kemudahan berbelanja masyarakat di tengah pandemi ini. Sehingga lebih banyak pelaku UMKM yang masuk ke dalam ekosistem digital,” kata Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Victoria Br Simanungkalit di Jakarta, Rabu (12/8/2020).

 

Ke depannya, Kemenkop UKM berharap dengan adanya kerja sama yang terjalin antara pemerintah dan BUMN, perusahaan BUMN dapat melibatkan pelaku usaha produsen, seperti petani, koperasi, maupun gabungan kelompok tani (gapoktan) dalam rantai pasok, sekaligus berperan sebagai offtaker. Dengan demikian penguatan dari sisi hulu ke hilir dapat dilakukan secara komprehensif. Selain itu, melalui mekanisme seperti ini, mereka berharap akan terbangun multiplier effect yang berdampak luas di masyarakat, yang dapat memberikan daya ungkit bagi perekonomian nasional.

 

“Kemenkop siap memproduksi produk sesuai spesifikasi yang diminta BUMN. Tentu, BUMN juga ingin untung. Namun kami berharap BUMN melakukan pendampingan terlebih dahulu. Ada waktu transisi agar harga bisa bersaing dalam skala ekonomi. Ke depan, UMKM dapat memproduksi dengan harga yang mampu bersaing di pasar,” jelasnya.

 

Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN Imam Paryanto mengatakan peluncuran aplikasi ini menjadi bukti bahwa BUMN hadir untuk masyarakat kecil.

 

“Ini merupakan fungsi BUMN sebagai Value Creation dalam mendukung program yang bersifat penugasan atau sosial. Salah satu strategi yang dilakukan BUMN adalah menguatkan klaster pangan untuk memperkuat ekosistem pangan. Tidak hanya BUMN, tapi UMKM hingga koperasi,” tutur Imam.

 

BUMN Klaster Pangan berkontribusi dalam mendukung kebijakan Pemerintah untuk penguatan ekosistem usaha, khususnya dengan petani/nelayan/petambak/peternak serta koperasi dan UKM.  BUMN Klaster Pangan, khususnya oleh BGR Logistics, melalui aplikasi Mitra Warung Pangan dan aplikasi Warung Pangan dapat memperkuat added-value, demand-supply chain dari end-to-end (dari petani/nelayan/peternak) kepada masyarakat melalui Warung Pangan (koperasi dan UKM).

 

“Aplikasi Mitra Warung Pangan dan aplikasi Warung Pangan merupakan bentuk dari sistem rantai nilai dengan pemanfaatan teknologi informasi yang mempermudah akses dan transaksi secara online dan akuntabel,” jelasnya.

 

BUMN Klaster Pangan juga siap mendukung aplikasi Warung Pangan dan Mitra Warung Pangan yang dikembangkan oleh BGR Logistic dengan menjamin ketersediaan serta stabilitas harga bahan pangan melalui optimalisasi stok produk masing-masing BUMN.

 

Aplikasi Mitra Warung Pangan dan Warung Pangan yang digagas sejak April 2020 untuk mempermudah UMKM atau pemilik warung dalam mendapatkan stok bahan pangan dengan harga yang stabil. Ketersediaan stok pangan untuk mitra atau pemilik warung dapat terus terjaga dan harganya stabil sehingga mereka dapat menjual bahan pangan dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar.

 

“Dengan aplikasi ini, juga mempermudah masyarakat dalam mendapatkan bahan pangan yang mereka butuhkan dengan harga yang murah melalui handphone saja, Hal ini sejalan dengan program dari Kementerian Koperasi & UKM yang mencanangkan program #belanjadiwarungtetangga,” ungkap Direktur Utama BGR Logistics M. Kuncoro Wibowo.

 

Sebagai upaya untuk mendorong UMKM go digital, BNI, BRI dan Mandiri yang tergabung dalam Himbara serta BCA juga memberikan dukungan penuh terhadap BGR Logistics. Selain itu demi mencanangkan transaksi cashless, project ini juga didukung oleh LinkAja dan DANA sebagai pilihan pembayaran lewat e-wallet. Jamkrindo akan menjadi penjamin pengelolaan dana bergulir yang disalurkan LPDB-KUMKM kepada koperasi partner warung pangan.

 

Sumber: Kompas.comAntaranews

Foto:  BERITASATU/Mohammad Defrizal

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU