Kamis, 23 Mei 2024

Taman Wisata Candi Borobudur Kembali Dibuka untuk Wisatawan, Kuota Kunjungan Dibatasi

ads-custom-5

Yogyakarta, BUMNInfo | PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) melakukan uji coba pembukaan operasional kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Kamis (25/6) lalu.

 

Pembukaan ini dilakukan setelah melalui tiga tahap simulasi protokol kesehatan bebas Covid-19 yang telah dilaksanakan pada tanggal 10, 16 dan 18 Juni 2020 sehingga mendapat ijin untuk melaksanakan uji coba dimaksud dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Tengah.

 

“Diijinkannya uji coba pembukaan operasional dimaksud dengan melakukan pembatasan pengunjung maksimal 50% dari jumlah kunjungan normal,” jelas Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah Sinoeng N Rachmadi saat mengikuti konferensi pers uji coba pembukaan operasional di kawasan TWC Borobudur.

 

Direktur Utama PT TWC Edy Setijono menegaskan, TWC Borobudur sebagai destinasi super prioritas telah menerapkan standar protokol kesehatan dan menyatakan kesanggupan untuk memenuhi tujuh prinsip protokol kesehatan yang telah kami tentukan sebagai syarat dalam pemberian ijin uji coba pembukaan operasional di kawasan tersebut.

 

Kendati telah diberi lampu hijau oleh pemerintah setempat, Edy mengakui pihaknya masih akan tetap mawas diri selama era new normal ini. Salah satu bentuk kehati-hatian Perseroan adalah dengan membatasi pengunjung sebesari 10 hingga 15% atau maksimal 1500 orang per hari.

 

“Kami berharap penerapan ini dapat menjadi percontohan dalam pelaksanaan protokol kesehatan di era New Normal Pariwisata ini.” tambah Edy.

 

Untuk mengurai antrian pengunjung di loket, pembelian tiket secara langsung dibatasi sebesar 70 persen dan sisanya 30 persen dapat dilakukan melalui reservasi online di ticket.borobudurpark.com. Jam operasional TWC Borobudur selama masa uji coba pembukaan operasional akan dimulai dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

 

Dalam penerapan visitor management ini, PT TWC akan bekerjasama dengan Balai Konservasi Borobudur terkait dengan pengaturan kunjungan di Zona 1 Candi Borobudur. Dengan dilakukan uji coba pembukaan operasional ini, PT TWC berharap dapat memberikan dampak pada lingkungan serta menjadi barometer untuk bangkitnya industri pariwisata Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

 

Sumber: TribunnewsDetik.com

Foto: Shutterstock

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU