Senin, 29 April 2024

Dampak Corona, PLN Siapkan Keringanan Tarif Listrik

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT PLN (Persero) menyampaikan akan mendukung pemerintah dalam memberikan keringanan tarif untuk rumah tangga miskin (450 VA- 900VA ).

Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN Djoko Rahardjo menyampaikan pihaknya sudah menyiapkan beberapa skenario terkait keringanan tarif.

“PLN sebagai Public Service Obligation (PSO) akan mendukung pemerintah NKRI, kita tunggu saja nanti dari pemerintah,” ungkapnya.

Sayang dirinya belum bisa menyampaikan berapa dan apa saja skenarionya karena masih menunggu persetujuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). “Beberapa skenario sudah didiskusikan dengan pemerintah. Setelah ESDM ok, baru saya share,” imbuhnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan saat ini pemerintah tengah mempertimbangkan memberikan keringanan tagihan listrik bagi masyarakat miskin untuk meringankan beban mereka dampak dari corona virus (Covid-19) yang tengah melanda Indonesia.

Ia mengatakan rencana pemberian keringanan tarif tersebut sudah dibahas dalam rapat koordinasi yang dilakukan dengan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani hingga Menteri Sosial Juliari Batubara.

“Kami pertimbangkan untuk memberikan keringanan pembiayaan tagihan listrik yaitu untuk rumah tangga miskin,” kata Ma’ruf saat melakukan teleconference dengan wartawan, Selasa (24/03/2020) sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia.

Ma’ruf tak menjelaskan secara rinci bagaimana mekanisme pemberian keringanan tagihan tersebut. Ia hanya merinci golongan rumah tangga miskin yang berpotensi mendapatkan keringanan adalah pelanggan 450 VA – 900 VA yang sudah terdaftar di Kemensos.

Sumber : www.cnbcindonesia.com

 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU