Jumat, 24 Mei 2024

Permudah Klaim Asuransi, PT Taspen Andalkan e-KLIM dan T-CARE

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Taspen memberlakukan Work From Home (WFH) pada 23 Maret hingga 3 April 2020 sebagai langkah pencegahan Covid-19. Senior Manager Humas Taspen, Henra menyebut, langkah ini malah mempermudah pelanggan karena seluruh layanan kepada nasabah dilakukan secara digital.

“Peserta tidak perlu khawatir karena layanan makin mudah dalam genggaman. Taspen Care atau dikenal dengan T-Care mempermudah peserta dalam pengajuan klim, menyampaikan pertanyaan dan/atau keluhan, serta mengunduh formulir yang diperlukan dalam pengajuan klaim,” ujarnya.

Ia memaparkan, saat ini Taspen menerapkan beberapa sistem terkait pembayaran pensiun yaitu e-KLIM dan T-CARE. e-KLIM merupakan pengiriman softcopy persyaratan klim oleh peserta melalui aplikasi e-KLIM yang dapat diakses di Portal Taspen. Sedangkan T-CARE bertujuan menyampaikan keluhan, menanyakan pemberkasan dan informasi ketaspenan lainnya dengan sistem ticketing, sehingga peserta bisa memonitornya sendiri.

“Untuk pengambilan hak pensiun bagi para peserta menggunakan inovasi Otentikasi by smartphone sebagai salah satu caranya. [Caranya] dengan melakukan Otentikasi menggunakan smartphone pada Aplikasi taspen Otentikasi yang dapat diunduh di Google Playstore maupun App Store ini. Para pensiunan dapat melakukan otentikasi wajah di rumah masing-masing tanpa harus mengunjungi bank atau mitra bayar,” katanya.

Henra menjelaskan, ketika proses otentikasi by smartphone tersebut berhasil maka otomatis hak pensiunnya akan langsung masuk ke rekening para pensiunan tersebut.

“Atau Peserta masih bisa datang ke Kantor Taspen terdekat dengan sistem kursi layanan yang sudah kita atur dengan jaraknya 1-2 meter dan Mitra Bayar Taspen juga sudah menerapkan hal yang sama,” ucapnya. 

Sumber : www.gatra.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU