Jumat, 19 April 2024

PLN Resmi Gratiskan Biaya Listrik Masyarakat Selama 3 Bulan

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Sebagai kompensasi dari imbauan berdiam di rumah untuk masyarakat oleh pemerintah, Presiden Joko Widodo akan membebaskan tagihan listrik selama tiga bulan. Akan tetapi tidak semua golongan berhak mendapatkan fasilitas ini.

Jokowi mengatakan, pemerintah menetapkan pelanggan listrik di golongan 450 VA akan digratiskan. Jumlah pelanggan listrik ini diperkirakan mencapai 24 juta pelanggan. Pembebasan tarif listrik untuk golongan pelanggan 450 VA itu hanya berlaku untuk periode April, Mei hingga Juni 2020.

“Tentang tarif listrik, perlu saya sampaikan untuk pelanggan listrik 450 VA yang jumlahnya sekitar 24 juta pelanggan akan digratiskan,” ungkapnya.

Selain itu pemerintah juga memberikan kelonggaran pembayaran tagihan untuk pelanggan 900 VA dengan masa kompensasi yang sama.

“Sedangkan pelanggan 900 VA jumlahnya 7 juta pelanggan akan didiskon 50%. Artinya bayar separuh untuk April, Mei dan Juni 2020,” tambah Jokowi.

Terkait kebijakan tersebut, PT PLN (Persero) menyatakan siap menggratiskan layanannya selama tiga bulan ini demi mendukung program physical distancing selama penyebaran virus corona atau Covid-19 belum mereda.

“Kebijakan pembebasan tagihan untuk pelanggan 450VA dan keringanan tarif listrik 50% tersebut sudah dibicarakan dan dikoordinasikan dengan PLN. Kami sangat mendukung dan siap melaksanakan kebijakan pemerintah yang disampaikan oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo,” kata Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini.

Zulkifli berharap dengan adanya kebijakan ini mampu meringankan beban masyarakat yang terdampak virus corona atau Covid-19 karena lesunya perekonomian dan keharusan untuk berdiam diri di rumah sampai situasi kondusif.

“Saat ini masyarakat diimbau untuk tetap di rumah. Berkegiatan di rumah. Tujuannya untuk mencegah penularan yang makin luas. Pembebasan dan diskon tarif listrik ini diharapkan dapat mendukung hal tersebut. Jadi masyarakat, khususnya yang tidak mampu, tidak harus khawatir dalam menggunakan listrik selama musim yang sulit ini,” ucap Zulkifli.

Sumber: Detik.comCNN Indonesia

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU