Kamis, 2 Mei 2024

PLN Pastikan Pasokan Listrik Wisma Atlet sebagai RS Darurat Covid-19 Aman

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Wisma Atlet Kemayoran dipastikan kesiapannya menjadi Rumah Sakit Darurat Virus Corona. Mulai hari ini (23/03), RS itu sudah beroperasi dan nantinya akan bisa menampung 22 ribu pasien jika bertambah.

Untuk menunjang kegiatan penanganan pasien virus corona di Wisma Atlet, Direktur Bisnis Regional Jawa Madura Bali PLN, Haryanto WS dan General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Asaad melakukan pemantauan serta inspeksi kelistrikan langsung di Kemayoran.

PLN menyiapkan kebutuhan energi listrik secara khusus di Komplek Wisma Atlet dengan memasok dari 2 Sub Sistem yang berbeda dan dilengkapi ACO (Automatic Change Over) sehingga apabila sumber listrik utama mengalami ganggguan akan secara otomatis dipindah ke sumber cadangan. Listrik dari sub sistem ini masuk ke 3 gardu distribusi dengan total daya 11.080 KVA yang kemudian dialirkan ke tower-tower di komplek Wisma Atlet.

Adapula penambahan daya sebesar 3.500 VA yang dialirkan untuk Pos keamanan dan dapur umum. Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya PLN juga sudah menyiagakan 2.371 personel yang siap mengamankan kelistrikan terutama di tempat-tempat penting penanganan Covid-19 saat ini.

“PLN akan terus memberikan pelayanan kelistrikan yang terbaik untuk bangsa dan negara khususnya dalam kondisi menghadapi pandemi Covid-19 saat ini,” ungkap Haryanto.

Dalam pelaksanaan pekerjaan di lapangan, petugas PLN juga telah dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) termasuk masker dan hand sanitizer. Petugas juga bekerja secara split work sebagai langkah social distancing. Pengaturan jarak antar petugas dan juga dengan orang lain di lapangan juga diterapkan oleh petugas PLN saat menjalankan tugasnya.

Rumah sakit rujukan bagi pasien Corona juga menjadi pantauan utama PLN dalam keandalan listriknya. Petugas PLN selalu standby di lokasi untuk memastikan listrik tersalurkan dengan cukup dan andal.

Misalnya di wilayah Banten. Menurut Manager Komunikasi, PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten, Eman, pasokan listrik untuk rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di wilayahnya dipastikan aman.

“Selain dari pasokan utama, PLN juga mempersiapkan pasokan cadangan serta back-up dari masing-masing genset rumah sakit terkait maupun mempersiapkan Unit Gardu Bergerak (UGB) PLN,” ungkap Eman.

Beberapa upaya PLN untuk masyarakat luas yakni memastikan tersedianya pasokan energi primer, memastikan unit pembangkit beroperasi untuk memenuhi kebutuhan listrik, mengatur beban, transmisi, dan distribusi, serta melaksanakan pekerjaan pemeliharan sesuai jadwal yang telah direncanakan.

“Semua itu kami lakukan untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN, kami juga instruksikan kepada seluruh insan PLN agar tetap bertugas menjaga pasokan energi listrik,” kata Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini.

PLN juga menambah unit control system sebagai cadangan (mirroring). Hal itu untuk memastikan pasokan listrik kepada masyarakat tidak terganggu. Sehingga masyarakat akan lebih tenang untuk melaksanakan work from home.

Sumber: Okezone.com, RMOL BantenKatadata

Foto: ANTARA

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU