Selasa, 27 Februari 2024

PT Indah Karya Perdana Ekspor Produk Plywood ke Jerman

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Indah Karya (Persero) devisi industri Bondowoso Indah Plywood (BIP), melakukan ekspor plywood perdana ke Eropa, tepatnya ke Hamburg Jerman.

Ekspor perdana ini memberangkatkan dua kontainer. Pemberangkatan berlangsung di Pabrik BIP, Desa Pekauman Kecamatan Grujugan Bondowoso, Selasa (1/10/2019).

Pemberangkatan dua mobil kontainer tersebut dipimpin langsung Direktur Utama PT Indah Karya, Nel Adianto dan Komisaris Purwanto, dan para pejabat lainnya.

Pemberangkatan ditandai dengan pemecahan kendi dan bunyi sirene yang disaksikan langsung Toga, muspika dan para undangan yang lain.

Direktur Utama PT Indah Karya, Nel Adianto mengatakan, produk yang diekspor ke Jerman, adalah produk non formalin.

“Kita selama ini produksi yang ada kadar formalinnya. Untuk pasar Asia Tenggara itu oke. Tapi bagi negara tertentu seperti Amerika, sebagian Jepang dan Eropa itu syaratnya lebih tinggi lagi,” katanya.

Maka kata dia, sejak tahun kemarin, pihaknya melakukan penambahan investasi yakni menambah mesin yang bisa menghilangkan kadar formalin tersebut.

“Percobaan sudah, kayunya di tes di lab, dan memenuhi standar internasional yakni bersertifikat Standar Eropa (EPA). Akhirnya kita ekspor, alhamdulillah buyernya langsung datang ke sini,” jelas pria asal Aceh tersebut.

Dijelaskannya juga, bahwa dua kontainer yang diekspor ke Jerman itu, setara dengan 44 meter kubik. Menurutnya, selain ke Jerman ekspor sebelumnya di Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura. Dan ada juga ke Taiwan, Hongkong bahkan juga ke China.

“Targetnya setiap tahun diharapkan terus tumbuh. Makanya kita minta dukungan agar pabrik satunya lagi cepat selesai. Ya untuk memenuhi target itu tadi,” jelasnya.

PT Indah Karya (Persero) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang engineering, properti, energi, infrastruktur sosial, dan industri. Dalam bidang Industri perusahaan, telah merintis pembangunan Industri Plywood di Bondowoso melalui salah satu unit bisnis industrinya BIP. Hari ini melakukan berhasil melakukan ekspor plywood perdana ke Jerman.

 

Sumber: timesjatim.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU