Minggu, 21 April 2024

PT INKA Siapkan Tenaga Ahli untuk Kaji Pembangunan Jalur Trem di Bogor

ads-custom-5

Bogor, BUMNInfo | Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama PT Industri Kereta Api Indonesia ( INKA) terus mematangkan kerja sama di bidang transportasi angkutan umum massal berbasis rel atau trem.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim mengatakan, rencananya PT INKA akan menerjunkan tenaga ahli untuk melakukan kajian pembangunan jalur trem di Kota Bogor. Nantinya, kata Dedie, PT INKA siap membantu dari sisi teknis dan lain-lain.

“PT INKA ingin menindaklanjuti pertemuan kita sebelumnya. Untuk itu, kita perlu mematangkan bentuk kerjasamanya seperti apa,” ucap Dedie, Jumat (21/2/2020).

Dedie menambahkan, PT INKA juga siap berinvestasi demi mendatangkan trem ke kota hujan. Dengan demikian, sambungnya, pembiayaan sarana dan prasarana juga ditanggung oleh PT INKA.

Sementara, lanjut Dedie, Pemkot Bogor akan menata fasilitas penunjang, seperti transit oriented development (TOD) dan membangun sarana lain sebagai penunjang pengoperasian trem.

PT INKA, sebut dia, juga akan melakukan kajian khususnya pada koridor satu. Rencananya, jalur di koridor satu ini akan dilintasi oleh trem yang dimulai dari Terminal Baranangsiang mengitari Kebun Raya Bogor. “Ini masih tahap awal.

Nantikan investasinya akan dihitung setelah MoU ditandatangani. Investasi PT INKA berbentuk unit trem, relnya, dan pemantapan untuk jalurnya. Untuk operatornya masih dibahas, sejauh ini PT KAI juga mau jadi operator,” imbuh dia.

Sumber : megapolitan.kompas.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU