Rabu, 17 April 2024

Sebelum Lebaran, Tol Bocimi Dipastikan Dapat Beroperasi

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info l Sebelum lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi seksi 2 (Cigombong-Cibadak) dengan panjang 11,90 kilometer dipastikan dapat beroperasi. Hal tersebut disampaikan oleh Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat ketika menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi dalam rangka Hari Jadi Sukabumi ke-109.

“Yang terdekat (pencapaian) di Sukabumi akan mendapatkan manfaat. Kemarin saya ketemu Pak Presiden Jokowi untuk menegaskan kembali Insya Allah sebelum lebaran seksi 2 tol bocimi yang berujung di Cibadak bisa dipergunakan untuk masyarakat,” kata Kang Emil, sapaan akrabnya, Sabtu (1/4/2023).

Diprediksi tingkat kemacetan akan menurun ketika tol tersebut sudah beroperasi. Dengan begitu, wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Sukabumi akan lebih mudah.

“Jadi moal macet-macet deui seperti biasa walaupun ujungnya memang di Kabupaten tapi sebenarnya kan mayoritas juga ingin berwisata di kota tercinta yang luar biasa ini. Jadi Insya Allah itu akan selesai, ini berita baik ke masyarakat,” ujarnya.

Pembangunan tol Bocimi ini dikerjakan oleh PT Waskita Karya yang dimulai pada bulan Februari 2023 lalu dengan progres pembangunan sudah mencapai 98%.

Pembebasan tanah di jalan Tol Bocimi Seksi 2 sepanjang 11,90 km sudah mencapai 100 persen berdasarkan hasil monitoring Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT). Lalu, pada bulan Februari ini realisasi progres konstruksi sudah mencapai 90,6 persen dari rencana 92,9 persen. Terdapat deviasi atau selisih antara rencana dan realisasi sebesar -2,3. Kegiatan konstruksi ditargetkan selesai pada Maret 2023.

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian mengatakan, ruas Tol Ciawi-Sukabumi masuk dalam ruas tol yang akan beroperasi pada lebaran tahun 2023.

Source: Detik

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU