Sabtu, 20 Juli 2024

PT Pindad Bekerjasama Dengan Ukraina Dalam Produksi Tank Amphibi, Ranpur dan Arhanud

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Pindad (Persero) menggandeng industri pertahanan Ukraina untuk memproduksi tank amphibi, kendaraan tempur (Ranpur) dan artileri pertahanan udara (Arhanud).

Kerja sama ini sebagai upaya Kementerian Pertahanan (Kemhan) memperkuat kemampuan industri pertahanan dalam memproduksi dan modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Penandatanganan kerja sama dilakukan Direktur Utama Pindad Abraham Mose dengan Director of Department of SPETS disaksikan oleh Wakil Menteri Pertahanan RI Sakti Wahyu Trenggono, Duta Besar RI untuk Ukraina, Armenia dan Georgia, Yuddy Chrisnandi, dan Dirtekindhan Kemhan Laksma TNI Sriyanto

“Saya mengapresiasi langkah yang dilakukan Pindad dengan pelaku usaha dari industri pertahanan di Ukraina ini. Realisasi dari kerja sama ini diharapkan Arhanud kita dapat dilengkapi dengan Fire Control Radar dan Surveillance Radar berkemampuan jarak deteksi hingga 150 kilometer.

Tak hanya itu, nantinya pengawakan senjata artileri yang normalnya membutuhkan personel hingga 8 prajurit, menjadi 1 operator saja karena sistem sudah komputerisasi sangat otomatis melalui sistem yang disebut Air Defence System,” kata Wamenhan Trenggono dalam keterangan tertulisnya, dilansir SINDOnews Sabtu, (8/2/2020).

Direktur Utama Pindad Abraham Mose mengatakan, kerja sama dengan SPETS dalam bidang perbaikan sistem senjata pertahanan udara AAG bernama S-60 kaliber 57 mm. Sistem senjata buatan Uni Soviet 1950-an ini masih banyak digunakan oleh berbagai negara, termasuk salah satunya adalah Indonesia.

Terdapat kurang lebih 236 unit S-60 yang terdiri dari 188 manual unit dan 48 retrofit yang digunakan oleh TNI satuan Arhanud. “Kerja sama ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan PT Pindad sebagai produsen untuk melakukan perbaikan dan modernisasi sistem senjata tersebut agar AZP S-60 dapat terus digunakan secara maksimal untuk proteksi wilayah udara Indonesia oleh Arhanud,” kata Abraham.

Sumber : www.harianaceh.co.id

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU