Jumat, 29 Maret 2024

Inuki Akan Perluas Pasar ke Amerika Latin dan Karibia

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Industri Nuklir Indonesia (Persero) atau Inuki berencana untuk menggali potensi pasar di Amerika Latin dan Karibia.

 

Rencana ini dipaparkan Direktur Produksi Inuki Bunjamin Noor pada acara ‘Pertemuan Kepala Perwakilan RI Kawasan Amerika Latin dan Karibia’ di Ruang VIP Kantin Diplomatik, Kementerian Luar Negeri (Kemlu), di Jakarta, Sabtu (11/1/2020). Agenda ini juga dihadiri perwakilan dari Kemlu Dirjen Amerika dan Eropa, Peruri, Barata, Inka, Dexa, dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin).

 

Dalam acara itu, Bunjamin menyampaikan sejumlah keunggulan Inuki di depan para duta besar dan perwakilan RI kawasan Amerika Latin dan Karibia.

 

“Inuki memiliki visi menjadikan industri nuklir berkelas dunia yang tumbuh dan berkembang secara bekelanjutan, sekaligus memberikan manfaat dan nilai tambah kepada semua pihak. Inuki juga terus menerus memperkuat kapasitas dan kapabilitas bisnis sehingga produk yang dihasilkan memiliki daya saing di pasar global,” jelas Bunjamin dalam rilis pers.

 

Katanya, fokus bisnis Inuki saat ini adalah di bidang radioisotop/radiofarmaka, elemen bahan bakar nuklir reaktor riset dan jasa teknik.

 

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dengan Amerika Latin dan Karibia melalui FEALAC, CARICOM dan Pacific Alliance,” tuturnya.

 

Menurut Bunjamin, pengembangan pasar ekspor Inuki sudah sampai ke Kolombia. Sementara, ekspor Inuki di Asia sudah sampai ke Tiongkok, Jepang, Malaysia, Vietnam, Bangladesh, dan India.

 

“Rencana pasar ekspor ke depan akan sampai ke Kolombia, Meksiko, Chile, Peru dan lainnya. Untuk Kolumbia sendiri, Inuki sudah langsung melakukan kunjungan ke Kedubes Kolombia pada Desember 2019 lalu dan diterima langsung Duta Besar Kolombia, Juan Camilo Valencia,” katanya.

 

Dalam pertemuan itu, Dubes Kolombia secara terbuka menyatakan negaranya tertarik pada produk Inuki yaitu produk radioisotiop dan radiofarmaka.

 

“Tentu saja, ini langkah awal yang baik untuk masuk ke pasar Kolombia dan agar Inuki mampu bersaing dengan baik,” pungkas Bunjamin.

 

Usai Bunjamin menyampaikan pemaparannya, sejumlah kepala perwakilan RI kawasan Amerika Latin dan Karibia pun menanggapi positif.

 

Dubes RI untuk Kolombia Priyo Iswanto menyatakan kebanggaan jika Inuki bisa masuk ke Kolombia dan diharapkan Perseroan bisa memberikan informasi ke KBRI Kolombia agar pihaknya bisa ikut mengamankan.

 

Sementara Dubes RI Untuk Venezuela M Luthfie Witto’eng berharap Inuki bisa secepatnya menyampaikan proposal kerja sama dan pihaknya akan siap membantu.

 

Sama halnya dengan Dubes RI untuk Argentina Niniek Kun Naryati, yang menyatakan kalau Argentina juga punya BUMN di bidang nuklir bernama Infa.

 

“Tolong segera disampaikan kerja sama join sales untuk dry freeze buah-buahan. Kami KBRI di Argentina akan siap memfasilitasi,” kata Niniek.

 

Sumber: BeritasatuSindonews

Foto: dok. Inuki

 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU