Minggu, 28 April 2024

Bersandarnya Kapal Ever Bless Dari Taiwan Menandai Babak Baru IPC sebagai Pelabuhan Kelas Dunia

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Memasuki pergantian tahun, Kapal Ever Bless menjadi kapal pertama yang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok pada tahun 2020.

Kapal Ever Bless bersandar di Tanjung Priok setelah menempuh pelayaran dari Pelabuhan Kaoshiung, Taiwan.

Kapal MV ENY menjadi kapal terakhir yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok di tahun 2019, dengan tujuan Singapura.

“Bersandarnya Kapal Ever Bless menandai babak baru, yakni hari pertama tahun 2020 ini PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) / IPC meneguhkan posisinya sebagai pelabuhan kelas dunia,” kata Direktur Operasi IPC, Prasetyadi, di acara Malam Apresiasi Nahkoda Last Call 2019 & First Call 2020, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (1/1).

Pada periode ini, IPC terus mendorong para pemangku kepentingan yang ada dalam ekosistem kepelabuhanan untuk beradaptasi memanfaatkan semua platform layanan berbasis digital, agar digitalisasi yang telah dipersiapkan bisa dilakukan total dan menyeluruh.

IPC telah memetakan strategi dalam mengoptimalkan teknologi informasi dalam bisnis kepelabuhanan.

Dengan digitalisasi yang terintegrasi ini, IPC melangkah maju dengan menargetkan seluruh cabang pelabuhan yang dikelolanya untuk menerapkan digitalisasi dengan sistem pelayanan yang setara.

“Kita harus berkolaborasi agar tercipta sistem logistik nasional yang efisien dan berdaya saing tinggi,” katanya.

Secara keseluruhan, lanjutnya, standardisasi pelayanan dengan didukung oleh aplikasi berbasis digital ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional di lapangan, namun juga memastikan transparansi dan akuntabilitas pelayanan bagi pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya.

“Semoga pergantian tahun ini membawa semangat baru, di mana IPC akan memperkuat peran sentralnya di bisnis kepelabuhanan. Kita tak hanya menjalankan peran sebagai operator pelabuhan, namun lebih dari itu, IPC menjadi fasilitator perdagangan, yang mengintegrasikan operasional pelabuhan, pelayaran dan kalangan industri,” ujar Prasetyadi.

Prasetyadi memberikan bingkisan kepada Nakhoda Kapal MV ENY yang akan meninggalkan Jakarta, serta menyerahkan cindera mata selamat datang untuk Nahkoda dan kru kapal Ever Bless yang baru saja berlabuh di Terminal NPCT-1 atau Terminal Kalibaru.

Sumber : www.tribunnews.com

Foto : Bisnis/Abdullah Azzam

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU