Jumat, 26 April 2024

Perluas Bisnis, Bank Mandiri Incar Ekspansi ke ASEAN & Korea

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) berencana melebarkan sayapnya ke Asia Tenggara dan Korea Selatan dalam waktu dekat. Saat ini perusahaan masih mencari bentuk bisnis paling pas untuk memberikan nilai tambah, pilihan yang dimiliki bisa dari akuisisi bank, multifinance, ataupun joint venture (JV).

“Kami terbuka untuk segala model dan kesempatan bisnis di regional. Tidak hanya Asean, mungkin di Korea atau negara lain yang berpotensi untuk meningkatkan sinergi,” kata Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar.

Menurutnya, meski berniat ekspansi ke pasar regional, bukan berarti Bank Mandiri tidak melirik potensi bank digital seperti yang dilakukan bank domestik lainnya. Dia mengakui Bank Mandiri juga melirik potensi bank digital yang berkembang cepat di Indonesia. Meski demikian, segmen korporasi di Bank Mandiri sangat besar, sehingga ketika nasabahnya ada yang melakukan ekspansi secara global akan membuka potensi bagus untuk perusahaan.

“Kami kan sangat besar eksposure di korporasi, dan perusahaan yang menuju ekspansi global kami bantu gimana bisnisnya tetap dengan kami, sekaligus mengembangkan bisnis di negara tersebut,” kata Royke.

Saat ini Bank Mandiri tengah intensif membahas potensi bisnis di pasar regional dan semua aspeknya. Royke mengatakan perusahaan masih belum melakukan pembicaraan dengan pihak manapun sebelum yakin bisa memberikan nilai tambah. Dia juga menargetkan nantinya perusahaan hasil ekspansi di pasar regional sudah bisa memberikan keuntungan dalam jangka lima tahun.

“Kami tidak mau terlalu banyak capital yang dikeluarkan, opportunity dalam negeri kan ada juga. Besaran jangka waktu target bisnis. Kami memang serius memperdalam semua kemungkinan, bisa jadi kami akan coba dengan JV, bukan berarti harus kuasai semua. Tetap harus melihat kemampuan,” katanya.

Sumber : www.cnbcindonesia.com

 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU