Kamis, 23 Mei 2024

Jasa Marga Uji Coba Teknologi Pembayaran Nir Henti SLFF di Jabodetabek

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Jasa Marga (Persero) Tbk terus mengembangkan teknologi pembayaran nir henti. Kali ini, pihak Jasa Marga melakukan uji coba terbatas pembayaran tol Single Lane Free Flow (SLFF). Setelah sebelumnya diujicobakan di Bali, kini penerapan teknologi tersebut tengah diuji coba di beberapa titik tol di Jabodetabek.

 

“Sekarang kami lagi uji coba di 35 titik atau ruas di Jabodetabek,” jelas Direktur Keuangan PT Jasa Marga Donny Arsal, Rabu (26/8).

 

Dalam uji coba sistem ini, emiten berkode saham JSMR ini menggandeng LinkAja yang berperan sebagai sumber dana untuk pembelian voucher elektronik FLO. Voucher tersebut nantinya dapat digunakan untuk pembayaran tarif tol. Akan tetapi untuk realisasinya, pihak JSMR mengungkapkan masih akan menunggu persetujuan dari pemerintah. Sejauh ini pihak JSMR masih menunggu feedback dari ujicoba yang telah dilakukannya.

 

Berdasarkan penuturan dari Sekretaris Perusahaan Jasa Marga M. Agus Setiawan, SLFF ini mengandalkan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) berbasis server yang diberi nama FLO. Secara praktis, FLO merupakan sistem pembayaran tol prabayar berbasis aplikasi mobile dan stiker yang akan digunakan pengguna tol. Selain itu, SLFF juga menggunakan source of fund berbasis voucher elektronik (VE).

 

“Jasa Marga terus melakukan uji coba terbatas pembayaran tol Single Lane Free Flow (SLFF) with barrier dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) berbasis server yang dikenal dengan nama FLO, baik di Pulau Jawa maupun di Pulau Bali,” jelas Agus pada Juni lalu.

 

Sumber: Kontan.co.idIQPlus

Foto: dok. Jasa Marga

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU