Kamis, 23 Mei 2024

Segera Disuntik PMN, BPUI Resmi Bawahi 4 BUMN Asuransi

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) resmi menjadi holding BUMN Asuransi Tanah Air, setelah Peraturan Pemerintah (PP) No. 20/2020 resmi diundangkan sejak 16 Maret lalu. 

Dengan demikian, BPUI akan segera menerima setoran modal, Penanaman Modal Negara (PMN), dari pemerintah. Adapun, PMN dimaksud berupa pengalihan saham.

Melalui PP ini, beberapa BUMN asuransi seperti PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), PT Asuransi Kerugian Jasa Raharja, dan PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) resmi menjadi anak usaha dari BPUI.

Dalam PP tertuang bahwa pemerintah menambahkan penyertaan modal negara (PMN) kepada BPUI dengan mengalihkan seluruh saham seri B milik pemerintah di empat BUMN tersebut kepada BPUI.

Penambahan PMN kepada BPUI sebanyak 6.610.999 lembar saham Askrindo, 424.999 lembar saham Jasindo, 8.499.999 lembar saham Jasa Raharja, dan 7.638.732 lembar saham Jamkrindo. Seluruhnya merupakan saham seri B.

Nilai dari PMN yang diberikan kepada BPUI bakal ditetapkan oleh Kementerian Keuangan berdasarkan usulan dari Kementerian BUMN. Dengan dialihkannya saham seri tersebut, kontrol negara atas keempat BUMN dilaksanakan melalui kepemiliki saham seri A dwi warna dengan kewenangan sebagaimana telah diatur dalam anggaran dasar.

Sebagai konsekuensi dari pembentukan holding BUMN ini, maka Askrindo, Jasindo, Jasa Raharja, dan Jamkrindo berubah menjadi perseroan terbatas dan sepenuhnya tunduk pada UU No. 40/2007 tentang Perseroan Terbatas. BPUI pun bakal berada dalam pengaturan dan pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sumber : finansial.bisnis.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU