Jumat, 1 Maret 2024

Kolaborasi Biofarma dan Perusahaan Korea untuk Obat Antikanker

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Bio Farma berkolaborasi dengan dua perusahaan asal Korea Selatan yaitu ForeverNK Inc.dan Aribio Co. Ltd. Kerja sama yang dilakukan mengenai penjajakan dan pengembangan potensi kesempatan bisnis yang melibatkan produk terapi untuk pengobatan kanker.

Produk itu menggunakan teknologi ‘NK Cell Therapy’ yang akan disediakan oleh ForeverNK Inc, sedangkan “NK Cell Conditioned Media” akan dipasok Aribio Co. Ltd.

NK (Natural Killer) Cell atau sel pembunuh alami adalah sel limfoid bawaan yang memberikan perlindungan dini terhadap perkembangan kanker dengan cara membunuh sel-sel abnormal dalam tubuh yang menjalani transformasi seluler tanpa perlu stimulasi sebelumnya.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan sejak menjadi Holding farmasi BUMN per Oktober 2019 yang lalu, Bio Farma akan mulai merambah ke bisnis produk farmasi yang sifatnya immunoterapi.

“Kerja sama ini merupakan awal dari dimulainya produk-produk Bio Farma untuk immunoterapi, khususnya untuk penyakit kanker. Langkah awal yakni mengembangkan dan mengevaluasi kesempatan potensi pasar, serta menetapkan syarat dan ketentuan atas evaluasi terkait NK Cell Therapi dari ForeverNK dan produk kosmetik,” ujar Honesti melalui keterangannya, Jakarta, Senin (16/12).

Honesti menambahkan, immunoterapi merupakan suatu jenis pengobatan yang mendorong sistem imun tubuh kita sendiri agar lebih efektif dalam melawan penyakit, termasuk kanker.

Bio Farma akan berperan untuk memeriksa dan mengevaluasi teknologi dan produk untuk mengaplikasikannya di Indonesia bekerja sama dengan rumah sakit, mengajukan untuk lisensi, untuk kemudian dipasarkan di Indonesia melalui pelayanan klinik.

Sementara itu, Clinical Trial Manager Aribio US Fred Kim menyambut baik kolaborasi tersebut, di samping karena antara Bio Farma dengan ForeverNK memiliki kesamaan filosofi yaitu untuk memiliki produk yang bermanfaat bagi orang banyak.

“Kami berharap kolaborasi bersama ini akan tercipta suatu produk yang dapat berguna selain kosmetik dan NK Cell terapi untuk kehidupan yang lebih baik,” ujar Fred.

Sumber : www.cnnindonesia.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU