Sabtu, 22 Juni 2024

Bhanda Ghara Reksa Kembangkan Smart Warehouse

ads-custom-5

Jakarta, BUMNinfo | Bhanda Ghara Reksa (BGR) Logistics serius kembangkan konsep Smart Warehouse hemat energi. Sejumlah perusahaan pelat merah diajak BGR untuk kerja sama.

Bentuk kerja sama BGR dengan sejumlah BUMN dituangkan dalam MoU. Sederet BUMN hadir seperti Nindya Karya, Indra Karya, Virama Karya, Industri Nuklir Indonesia, dan Wika Industri Energi.

Terkait pengembangan Smart Warehouse tersebut, BGR Logistics melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Wika Industri Energi, Nindya Karya, dan Indra Karya. Direktur Utama BGR Logistics M Kuncoro Wibowo mengatakan, lokasi pengembangan Smart Warehouse pertama kali akan dilakukan di Divre Medan. Dengan pilot project 9 dari 25 gudang yang dimiliki di Komplek Pergudangan BGR Logistics Paya Pasir Medan dengan luas lahan 190.239 meter persegi.

Di mana, 9 gudang tersebut akan menggunakan atap dari PV Solar Rooftop System milik Wika Industri Energi. Kuncoro mengklaim, proyek ini mendapat dukungan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).Khususnya untuk menggunakan energi baru terbarukan pada penggunaan listrik di bangunan sebagai usaha melakukan penghematan energi.

Dia optimis inovasi BGR Logistics bersama beberapa BUMN bisa menghemat energi. Apalagi, penggunaan PV Solar Rooftop pada pergudangan baru pertama kalinya digunakan. Apalagi, biaya operasional yang dikeluarkan pun lebih sedikit.

“Kami yakin dengan solusi ini, pergudangan BGR nantinya akan ramah lingkungan. Bahkan diperkirakan dapat menghemat energi sebesar 3,5 megawatt per hour saat siang, pagi hingga sore hari nantinya,” tutur Kuncoro di Jakarta, kemarin.

Sumber: rmco.id

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU