Jumat, 19 April 2024

PPD Layani Rute Tangerang ke Stasiun MRT Lebak Bulus

ads-custom-5

Jakarta, BUMNinfo | Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD), adakan jalur bus Bus Jabodetabek Residence (JR) Connexion pertama kalinya dari Kabupaten Tangerang menuju terminal MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Serta jalur JA Connexion dari dan Kabupaten Tangerang menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Rute baru tersebut adalah Scientia Squere Park Summarecon Serpong menuju Bandara Soekarno Hatta dan sebaliknya, serta rute yang sama menuju MRT Lebak Bulus.

“Kami mulai operasi sejak pukul 05.00 WIB pagi untuk tujuan bandara, lalu 06.45 WIB untuk tujuan stasiun MRT Lebak Bulus,” tutur Direktur Perum PPD, Pande Putu Yasa, saat ditemui di halte JA dan JRC Summarecon Serpong,

Lantaran baru pertama kali beroperasi, pengelola memberikan harga khusus untuk penumpangnya. Yakni, Rp 10 ribu untuk sampai ke MRT Lebak Bulus dan Rp 17 ribu untuk sampai ke Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Harga khusus tersebut hanya berlaku sampai satu bulan ke depan. “Berikutnya berlaku harga normal, tapi kita uji coba dulu selama satu bulan ini,” katanya.

Menurut Putu, tahap awal akan ada 10 bus yang beroperasi untuk dua rute tersebut, dan akan ada kemungkinan ditambah. Mengingat minat masyarakat dari kawasan pemukiman menuju titik perekonomian dan juga kawasan bandara, semakin tinggi.

Namun, angka bus tersebut masih jauh dari target. Menurut Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono, tahun ini masih sama seperti tahun sebelumnya, yakni ditarget 1.000 unit bus yang beroperasi di Jabodetabek.

“Katanya baru turun 20 bus, sementara pak Putu (Perum PPD) masih punya 400 bus lagi. Silahkan pak Bupati atau pengelola Summarecon yang daerahnya mau diakomodir angkutan umum, kami siap,” ujarnya.

Sementara, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengharapkan akan adanya halte-halte bus JAC dan JRC milik Perum PPD di tiap perumahan. Sehingga bisa saling terhubung, dan mengurangi secara drastis penggunaan kendaraan pribadi.

“Kalau kita lihat sepanjang jalan Tol Jakarta – Merak, itu banyak perumahan yang sebenarnya bisa saling terhubung dan berpeluang sebagai pasarnya PPD,” kata Zaki.

Dimulai perumahan Alam Sutera, Survana Padi, Lippo Karawaci, BSD, Telaga Bestari, hingga ke Citra Raya. Setidaknya, ada sekitar 300 ribu warga Tangerang yang hilir mudik menuju Jakarta tiap pagi hingga menuju malam, untuk bekerja dan melakukan rutinitas harian.

“Ini karena masih libur lebaran saja, coba kalau sudah jam sibuk, itu sudah beda lagi,” ujarnya

Sumber : liputan6.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU