Sabtu, 27 April 2024

IPO BUMN! Update Terbaru dari PHE, PKT, dan PalmCo

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan belum ada pengajuan dokumen untuk Initial public offering (IPO) entitas BUMN di awal tahun 2024 ini.

Inarno Djajadi, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon mengatakan, memang Menteri BUMN, Bapak Erick Thohir pernah menyampaikan bahwa ingin perusahaan BUMN melakukan IPO di tahun 2024. Namun, hingga sekarang belum ada dokumen pengajuan yang diterima OJK.

“Sampai dengan saat ini, belum ada pernyataan pendaftaran ke OJK berkenaan dengan IPO BUMN,” ungkap Inarno dalam jawaban tertulis RDKB OJK, dikuip Jumat, (12/1/2024).

Namun demikian, pihaknya optimis bahwa Kementerian BUMN akan terus mendorong perusahaan-perusahaan BUMN untuk melakukan go public sembari melihat perkembangan kondisi Pasar Modal.

“Dapat kami sampaikan bahwa OJK akan menyampaikan menyampaikan secara resmi terkait nama- nama calon emiten pada saat seluruh dokumen sudah memadai melalui pemberian izin publikasi,” kata dia.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan, selama kepemimpinan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN, baru dua perusahaan BUMN yang melakukan pencatatan saham perdana (initial public offering/IPO).

“Baru dua (emiten) Mitratel dan Pertamina Geothermal Energy. Karena kita mau IPO kan juga PHE kondisi market nggak bagus jadi nggak?,” sebutnya.

Pihaknya tak mau IPO BUMN ke depan berakhir seperti Waskita. Arya mengungkapkan, salah satu penyebab keuangan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) tidak sehat adalah ketidaksiapan dalam melakukan aksi korporasi di pasar modal termasuk pencatatan saham perdana (initial public offering/IPO).

Menurutnya, terdapat kesalahan dalam tata kelola penggunaan dana hasil IPO perusahaan konstruksi pelat merah tersebut.

Padahal, Keenterian BUMN digadang-gadang akan melaksanakan IPO untuk PT Pertamina Hulu Energy (PHE), PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT), dan Palm Co pada 2023. Namun hingga kini, belum ada kabar terbaru terkait rencana tersebut.

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU