Kamis, 29 Februari 2024

Teknologi Digital IPC Perlu Dijadikan Standar Operasional Pelabuhan

ads-custom-5

Jakarta, BUMNinfo | Penggunaan teknologi digital mampu mempersingkat waktu pelayanan dan biaya operasional di pelabuhan. Hal ini dipercaya, karena telah digunakan PT Pelabuhan Indonesia II atau IPC dan telah menunjukan hasilnya.

Direktur The National Maritime Institute (Namarin), Siswanto Rusdi mengatakan, sejauh ini transformasi yang dilakukan IPC sudah menunjukkan hasil. Diantaranya ditandai dengan turunnya biaya operasional sepanjang 2018, dan meningkatnya pendapatan persero.

“Pada kuartal III 2018, misalnya, pendapatan IPC meningkat 20 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Ebitda IPC tercatat sebesar Rp 3,217 triliun atau 44 persen lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” ujarnya.

Pengembangan dan penerapan teknologi digital yang dilakukan IPC ini patut dijadikan standar operasional pelabuhan-pelabuhan di Indonesia. Jika semua pelabuhan di Indonesia menerapkan teknologi digital di setiap lini operasionalnya, maka akan terjadi efisiensi waktu dan biaya logistik. Ini berimbas pada meningkatnya daya saing produk-produk ekspor nasional, serta berkurangnya harga barang impor yang dikonsumsi di dalam negeri.

Selain itu, digitalisasi sektor transportasi dan logistik di seluruh dunia juga telah berjalan sangat cepat. Banyak teknologi baru yang dihadirkan oleh pengelola pelabuhan, untuk menjawab berkembangnya volume daya angkut dan kuantitas pelayaran kapal-kapal raksasa di jalur pelayaran utama dunia, termasuk di Asia.

Siswanto menambahkan, operasional di Pelabuhan Tanjung Priok yang sudah berstandar internasional, bisa dijadikan patokan atau benchmark bagi pelabuhan-pelabuhan lain di Indonesia.

“Mau tidak mau, pelabuhan-pelabuhan lain di Indonesia harus mengikuti tren global yang memang serba cepat dan serba efisien. Digitalisasi adalah salah satu cara menghasilkan efisiensi waktu dan biaya, selain juga faktor pengembangan infrastruktur kepelabuhanan,” jelasnya.

Sumber :bumn.go.id

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU