Minggu, 21 April 2024

Pupuk Indonesia Pangan Akan Fokus Produksi Beras ke Segmen Menengah di 2021

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Direktur Utama Pupuk Indonesia Pangan (PI Pangan) Budiono menyampaikan, bahwa dampak pandemi Covid-19 membuat pola segmentasi beras menjadi berubah. Tahun ini masyarakat lebih cenderung membeli beras medium ketimbang premium.

Budiono mengungkapkan pada tiga bulan pertama di tahun ini terjadi transisi penjualan. Tahun lalu PI Pangan banyak memasok beras premium ke korporat dan institusi karena adanya bantuan sosial (bansos). Akan tetapi, setelah bansos bukan lagi dalam bentuk pangan melainkan uang, para korporat yang sudah terlanjur membeli sudah mulai distribusikan lagi ke ritel-ritel.

“Otomatis pihak produsen harus mengubah pola pasar yang sebelumnya bermain di korporat dan institusi, sekarang memperkuat ke ritel. Kami harus memanfaatkan peluang ini dengan cepat,” kata Budiono kepada Kontan.co.id, Jumat (11/3/2021).

Budiono menilai di masa pandemi ketika pendapatan turun, masyarakat tidak menghilangkan konsumsi tetapi mengurangi kualitas produk yang dikonsumsi. Masyarakat yang biasanya membeli beras premium menjadi beras kualitas medium plus. Kendati secara kualitas berbeda, namun kandungan nutrisi dan rasa beras medium plus tetap sama. Adapun berubahnya bantuan sosial menjadi uang, otomatis target pasar berubah menjadi ke masyarakat.

“Di 2021 kami mengikuti pola ini dengan memperbanyak produksi beras premium dengan komposisi kapasitas produksi untuk premium menjadi 60%-70% dari yang sebelumnya hanya 30%-40%,” lanjut Budiono.

Saat ini kapasitas produksi PI Pangan sebesar 8 ton per jam. Pada tahun 2021, PI Pangan juga berencana meningkatkan kapasitas produksi dengan pola kemitraan. PI Pangan akan bekerja sama dengan mitra-mitra di daerah untuk meningkatkan produktivitas mereka. Dengan kerja sama ini, PI Pangan diharapkan dapat menaikkan kapasitas produksi secara total hingga 150% di tahun ini.

 

Sumber: industri.kontankontan.co.id

Foto: Fransiskus Simbolon/ KONTAN

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU