Jumat, 26 April 2024

Garuda Indonesia Buka Jalur Kargo Baru Surabaya – Hong Kong

ads-custom-5

Jakarta, BUMNINfO | PT Garuda Indonesia Tbk. kembali membuka rute penerbangan khusus untuk mengangkut kargo dengan rute terbaru yakni Surabaya–Hong Kong. Sebelumnya, Garuda Indonesia telah melayani penerbangan khusus kargo Manado – Narita, Makassar – Singapura, dan Denpasar – Hong Kong. Penerbangan rute khusus kargo menjadi salah satu peluang bisnis yang secara berkelanjutan untuk diperkuat. Penambahan rute tersebut berkaca dari tren kebutuhan pengangkutan kargo yang terus tumbuh. 

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyampaikan, bahwa pembukaan layanan penerbangan rute khusus kargo Surabaya – Hong Kong dapat mendukung peningkatan daya saing komoditas ekspor unggulan nasional, khususnya di Provinsi Jawa Timur.

“Penerbangan khusus kargo Rute Surabaya–Hong Kong melayani sebanyak 1 kali setiap minggunya dengan Airbus A330-300 yang memiliki daya angkut mencapai 30-40 ton di setiap penerbangannya. Rute khusus kargo Surabaya – Hong Kong ini berangkat dari Bandara Internasional Juanda pada pukul 06.00 WITA dan tiba di Hongkong pada pukul 12.00 waktu setempat,” ujar Irfan dalam unggahan Tempo, Minggu (7/3 2021).

Pada penerbangan perdananya, maskapai juga mengangkut komoditas unggulan dari Jawa Timur yang terdiri dari produk UMKM Jawa Timur, komoditas perikanan, dan hasil produksi lainnya. Dengan kehadiran penerbangan kargo ini, diharapkan dapat semakin meningkatkan daya saing kualitas produk komoditas unggulan di Jawa Timur dengan waktu pengiriman yang lebih singkat tanpa harus melakukan transit di beberapa hub penerbangan. Kecepatan pengiriman ini diyakini akan menjaga kualitas produk yang sejalan dengan biaya logistik yang lebih kompetitif. Dengan demikian, harga komoditas ekspor dapat menjadi lebih bersaing di pasar global.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga menyambut baik pembukaan penerbangan khusus kargo tersebut. Dia mengapresiasi dan mendukung penuh layanan penerbangan khusus kargo rute Surabaya-Hong Kong yang mulai beroperasi per 6 Maret 2021. Sejalan dengan upaya pengembangan jaringan penerbangan logistik dari wilayah Jawa Timur, Garuda Indonesia juga telah menerbangkan penerbangan khusus kargo dengan rute Surabaya- Banjarmasin – Balikpapan 6 kali setiap minggunya. Penerbangan tersebut menggunakan armada B737-800NG dengan rata-rata pengangkutan komoditas telur tetas dan general cargo hingga 13,5 ton di setiap penerbangannya.

Garuda berencana memperbesar porsi pendapatan dari kargo hingga sebesar 40% setelah pandemi Covid-19 berakhir. Padahal rata-rata kondisi normal sebelumnya hanya mencapai 10% hingga 15%. Pendapatan utama Garuda saat ini masih ditopang sebesar 85% hingga 90% dari penumpang dan sisanya kargo. Akan tetapi, pandemi berimplikasi kepada anak usaha lainnya dari layanan catering, jasa ground handling hingga pasar Low Cost Carrier atau maskapai berbiaya murah yang dioperasikan oleh Citilink.

Sementara itu, kondisi berbeda dialami untuk kargo yang selama pandemi bisa mencapai 50% dari pendapatan Garuda. Ada bulan-bulan di masa pandemi ini kargo bisa mencapai 50%. Ketika situasi Covid-19 mulai mereda, mereka memiliki target dari kargo ini bisa mencapai 30% sampai 40%.

 

Sumber: bisnis.tempo

Foto: Ilustrasi aktivitas di sebuah pesawat kargo logistik – Bisnis/Istimewa

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU