Jumat, 19 April 2024

PTPP Resmikan Dermaga IV Merak-Bakauheni

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk atau PTPP berhasil menyelesaikan pembangunan proyek Dermaga IV Pelabuhan Penyebrangan Merak – Bakauheni. Proyek pembangunan dermaga tersebut diresmikan oleh Budi Setiyadi selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. Prosesi peresmian tersebut dilakukan dengan pengguntingan pita bunga seraca simbolis.

 

Acara peresmian tersebut turut dihadiri secara langsung oleh M. Toha Fauzi selaku Direktur Operasi 2 dan Pande Ketut selaku SVP Divisi Infrastruktur 2 Perseroan. Selain itu, dalam acara peresmian tersebut juga dihadiri oleh Direktur Utama PT ASDP (Persero) Ira Puspadewi, Kapolda Banten Irjen. Polisi Drs. Fiandar, Walikota Cilegon Edi Ariadi, dsb. Acara peresmian tersebut dilaksanakan di Dermaga Merak, Banten pada hari Senin (12/10) dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

 

Proyek pembangunan Dermaga IV Pelabuhan Penyebrangan Merak – Bakauheni dimiliki oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dengan masa pelaksanaan proyek selama 365 hari kalender. Dermaga IV Merak memiliki kapasitas 6.000-10.000 GRT dengan tipe dermaga Breasting Dolphin dan Panjang dermaga 120 meter. Sedangkan, Demaga IV Bakauheni memiliki kapasitas 6.000-10.000 GRT dengan tipe dermaga Quay Wall dan Panjang dermaga 150 meter. 

 

“Perseroan sangat bangga dipercaya oleh PT ASDP Indonesia Ferry untuk membangun kembali Dermaga IV Pelabuhan Penyebrangan Merak dan Bakauheni. Pelaksanaan pembangunan dermaga tersebut dapat diselesaikan tepat waktu oleh Perseroan sesuai dengan yang ditargetkan. Dengan beroperasinya pelabuhan dermaga IV Merak-Bakauheni diharapkan dapat mengakomodir arus Natal dan Tahun Baru,” ujar Direktur Operasi  2 PTPP M. Toha Fauzi, Senin (12/10/2020).

 

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi berharap dengan pengoperasian dermaga tersebut dapat membantu tugasnya untuk menata penyeberangan yang gemuk atas permintaan Menteri Perhubungan.

 

“Dengan pengoperasian dermaga ini maka akan terjadi penambahan 20 trip dari 140 menjadi 160 trip dalam satu hari di mana 1.500 kendaraan bisa terangkut per harinya. Saya berharap ini akan menjadi kebanggaan semua, karena selama 18 tahun dikelola oleh swasta, Dermaga IV ini tidak ada kemajuan,” ujar Budi.

 

Sumber: Industry.comKontan.co.id

Foto: ANTARA/Galih Pradipta

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU