Senin, 20 Mei 2024

Damri Akan Uji Coba Pengoperasian Bus Listrik

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | DAMRI akan melakukan uji coba satu unit bus listrik. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui kecocokan bus listrik untuk operasional DAMRI. Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis Damri Sandry Pasambuna mengatakan, pengpoperasian bus listrik ini sebagai upaya menekan gas emisi dan menggantikan peran bus bahan bakar minyak.

 

“Dengan bus listrik ini, diharapkan dapat mengurangi polusi udara di Indonesia,” ungkap Sandry dalam keterangan tertulis, Senin (21/9/2020).

 

Selain itu, Indonesia adalah salah satu penandatanganan United Nations Paris Accord tentang Climate Change sehingga harus dipastikan bahwa DAMRI akan mengimplementasikan Bus Listrik berbasis energi terbarukan (New Renewable Energy). Keunggulan bus listrik sendiri seperti bunyi kendaraan yang senyap, hening, nyaman, serta bebas polusi udara.

 

“DAMRI ingin menunjukkan bahwa telah bertransformasi menuju penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan, resiliensi, berkelanjutan, berinovatif, penyediaan alat produksi yang handal, modern dan berbasis teknologi mutakhir untuk mendukung konektivitas transportasi darat,” tulis Sandry.

 

Dilansir dari Medcom.id, meski laman resmi Damri tidak mengumumkan secara detail bus yang akan diuji coba, namun foto-fotonya sudah beredar di dunia maya. Santer terdengar kabar bahwa Damri akan menggunakan bus keluaran Edison Motors asal Korea Selatan. Akun Instagram @kemenbus sudah menampilkan sejumlah foto-foto bus yang akan diuji coba. Nantinya bus ini akan mengusung model low deck dan berkelir putih dan grafis kuning-oranye-biru.
 

“Kalo dari liverinya si kemungkinan untuk armada angkutan bandara. Secara bis listrik kalo buat AKAP masih belom memungkinkan,” tulis akun tersebut di kolom caption.

 

Dalam waktu dekat ini DAMRI akan mengoperasikan uji coba dahulu, jika hasilnya sesuai harapan, tidak menutup kemungkinan akan dapat diimplementasikan pada seluruh armada di seluruh Indonesia. Diharapkan penggunaan bus listrik bisa semakin diperbanyak agar bisa menghasilkan udara yang bersih. Selain itu dukungan dari Pemerintah juga harus terus dilakukan dengan sarana yang memadai.

 

Sumber: TribunnewsMedcom.id

Foto: Instagram @kemenbus

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU