Jumat, 12 April 2024

Ciptakan SDM Unggul & Berdaya Saing, Bank BRI Hadirkan BRILSP

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Bank BRI merilis BRILSP atau Lembaga Sertifikasi Profesi BRI yang akan melakukan pembuktian kompetensi dengan sertifikasi profesi pada bidang kompetensi tertentu. BRILSP merupakan LSP perbankan pertama yang telah berdiri sejak 29 Oktober 2019 dan telah mendapat Lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), di mana sertifikat yang dikeluarkan telah diakui secara Nasional di Indonesia dan Asia Tenggara.

 

Bank BRI sendiri memiliki visi untuk menjadi The Most Valuable Bank In South East Asia & Home To The Best Talent, dengan  berkomitmen untuk terus mengembangkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) BRI yang bersaing dan unggul. Hal ini juga sejalan dengan cita-cita Presiden Indonesia yaitu “SDM Unggul Indonesia Maju”.

 

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengatakan untuk mencapai visi BRI sebagai The Most Valuable Bank In South East Asia dan Home to The Best Talent, perseroan harus menyiapkan orang dan talenta-talenta yang dicari dan harus memenuhi tiga kriteria unggul yakni intelegensia capital yang kuat, psychology capital yang baik dan social capital yang tinggi.

 

“Memang BRI kebanyakan melayani nasabah yang UMKM, maka operational cost-nya tinggi. Jadi dua yang kami transformasi, yaitu digital dan culture. Pendek kata, kunci dari transformasi itu di culture-nya, di human capitalnya. Membangun human capital itu membangun culture, tidak bisa mengandalkan sinten, tetapi relay pada sistem,” ujar Sunarso dalam launching BRILSP secara daring, Rabu (23/9).

 

Menurut Sunarso, bekerja di BRI harus menjadi game yang menarik dan berkompetisi mengikuti aturan main yang menarik. Untuk itu, tugas perusahaan adalah menyiapkan sistem dan aturan main. Komitmen untuk mengembangkan kompetensi SDM tersebut diwujudkan mulai dari proses rekrutmen. Hal tersebut disampaikan Direktur Human Capital BRI Herdy Harman.

 

“Dalam proses rekrutmen BRI memperhatikan banyak hal mulai dari karakter berupa intelegensia capital, psikologi capital, dan sosial capital. Pada sisi potensi di masa depan BRI memperhatikan future ready competence seperti kompetensi yang dilihat dari sisi creative, innovative, data driven, adaptive, collaborative, digital library maupun achievement orientation.” urai Herdy.

 

BRILSP memiliki 22 skema uji kompetensi, 31 asesor yang siap melakukan pengujian kompetensi dengan target peserta uji sebanyak 33.046, di mana jumlah tersebut akan bisa bertambah sesuai dengan pengembangan skema sertifikasi dan target peserta dari semua BRI Group. BRILSP juga mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sehingga akan memiliki nilai tambah dan daya saing bagi para pekerja BRI Grup. Dengan hadirnya BRILSP diharapkan menambah kekuatan BRI dalam megembangkan SDM yang kompeten dan ahli dalam setiap bidang tugasnya.

 

Dalam mencari talenta-telenta terpilih, Bank BRI secara pro aktif sudah melakukan sejumlah talent scouting ke berbagai universitas terbaik di Indonesia, bahkan hingga keluar negeri dengan berbagai program seperti scholarship, internship, dan contest. Bank BRI juga membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik di Indonesia Timur dan juga memberikan kesempatan bagi para difabel. Program rekrutmen dilakukan di beberapa channel dan melalui berbagai program seperti halnya BFLP (Brilian Future Leader Program), BNLP (Brilian Next Leader Program), dan BBOP (Brilian Banking Officer Program).

 

Sumber: JPNNCNBC Indonesia

Foto: Istimewa

 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU