Senin, 20 Mei 2024

Tank Boat Antasena APC 30 Buatan Pindad Ditargetkan Selesai 2021

ads-custom-5

Perusahaan pelat merah PT Pindad (Persero) kini tak hanya tengah menggarap kendaraan taktis (rantis) bernama Maung yang dipesan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. Pindad juga tengah mengembangkan tank boat bernama Antasena APC 30.

 

Menurut Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad Ade Bagdjam Tank Boat Antasena APC 30 yang diproduksinya akan siap pada 2021 mendatang. Ia mengatakan tank boat tersebut nantinya mampu menampung 60 prajurit di dalamnya. Hal itu dikemukakan dalam diskusi virtual Jakarta Defence Studies pada Rabu (26/8/2020).

 

“Ini sesuatu. Saya bisa mengatakan coming soon. Tunggu, available di 2021, kita mengembangkan sebuah kendaraan tempur lainnya yang memiliki konsep yang disebut tank boat Antasena APC 30. Ini adalah sebuah tank boat yang bisa mengangkut 60 prajurit,” ungkap Ade.

 

Dalam data yang dipaparkan Ade, tank boat tersebut memiliki panjang 18,75 meter dan lebar 6.10 meter. Tank boat tersebut juga mengangkut senjata RWS 30 mm + Coaxial 7,62 mm dan dua unit machine gun 12,7 mm. Tank boat tersebut mampu menempuh kecepatan maksimal hingga 40 knots dengan muatan sedang. Kendaraan air tersebut juga dapat dioperasikan pada kedalaman air minimal 90 cm dan dapat menenpuh 600 Nm dengan kecepatan 9 knot.

 

Ade juga menyinggung soal permintaan kebutuhan alat utama sistem senjata (alutsista) TNI memang terbatas. Hal itu menjadikan Pindad berbeda dengan pabrikan otomotif swasta yang bisa merakit mobil dalam jumlah ribuan dalam sebulan.

 

“Rantis Anoa belum mencapai 1.000 (unit), padahal sudah berjalan 10 tahun. Ini ciri khas indhan (industri pertahanan), volume kebutuhan kecil,” katanya.

Kendati demikian, ia memastikan pembangunan indhan harus terus dirintis secara berkelanjutan, misalnya diseting bertahap untuk 20 tahun. Karena itu, kalau beda pemerintah beda kebijakan maka indhan tidak bakal bisa bersaing.

 

“Pembangunan indhan harus bertahap. Lima tahun saja berubah, kita kerepotan. harusnya memang 20 tahun,” tandas Ade.

 

 

Sumber: TribunnewsRepublika

Foto: dok. Lundin

 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU