Kamis, 2 Mei 2024

Bukan Soal Baru-Bekas, Bos BUMN Ini Ungkap Syarat Penting Alat Perang

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info – Direktur Utama PT Len Industri (Persero), Bobby Rasyidin mengungkap, umur alat utama sistem pertahanan (alutsista) bukanlah hal yang penting dalam penggunaan. Bos induk holding industri pertahanan BUMN ini mengungkap, ada tiga hal penting yang justru harus dijaga.
Pertama, operating readiness atau kesiapan operasi. Kedua, combat readiness atau kesiapan tempur.

“Yang ketiga yang paling penting safety sama worthiness levelnya. Jadi keselamatan dari kru di dalamnya itu levelnya sampai mana,” katanya dalam acara Membangun Kekuatan Pertahanan di Kawasan Regional yang disiarkan YouTube Media Center Indonesia Maju, Jumat (12/1/2024).

Dia menerangkan, alutsista ini sendiri terdiri mekanikal dan struktur platform, dan sistem. Pada kapal misalnya, mekanikal dan struktur platform ini seperti kapal itu sendiri, anjungan hingga mesin.

“Kalau kita lihat yang namanya platform sama engine mekanikal platform tadi itu ini didesain umurnya panjang-panjang. Kalau kapal itu, bayangkan kalau kapal induk didesain bahkan hampir 100 tahun,” katanya.

Dia mengatakan, yang berubah cepat adalah sistemnya. Sebab, semakin ke sini bukan lagi perang fisik, tapi perang elektronika.

Ia melanjutkan, selama ini ada maintenance program. Jadi, struktur maupun mesin alutsista dicek secara terus-menerus. Jika perlu penggantian, maka harus diganti.

“Nah yang paling penting itu bagaimana kita melakukan modernisasi, upgrade dari sistemnya supaya alutsista ini tidak ketinggalan zaman,” ujarnya.

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU