Kamis, 11 April 2024

Damri Sediakan Angkutan Barang Perintis ke Natuna

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Perum DAMRI bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI melayani rute pelayanan Angkutan Barang ke Pulau Natuna Provinsi Kepulauan Riau, guna mendukung pelaksanaan program Tol Laut yang telah dilaksanakan Pemerintah melalui sektor laut sebelumnya.

 

Pelayanan Angkutan Barang DAMRI merupakan implementasi dari Peraturan Presiden RI Nomor 70 Tahun 2017 tanggal 18 Juli 2017 tentang Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Untuk Angkutan Barang Dari Dan Ke Daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar Dan Perbatasan.

 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi mengatakan salah satu tujuan pemberian subsidi angkutan barang perintis ini yakni untuk menjamin ketersediaan logistik hingga ke seluruh pelosok Indonesia.

 

“Untuk menunjang pelayanan angkutan barang dari dan ke daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan maka diperlukan kewajiban pelayanan publik angkutan barang di jalan dari dan ke daerah 3T 1P tersebut. Kami menugaskan Perum DAMRI untuk melakukan pelayanan, salah satunya yang ada di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau,” tutur Budi, Senin (27/7/2020).

 

Pelabuhan Selat Lampa – Ranai di Kabupaten Natuna Kepri ini adalah menjadi salah satu Jaringan Trayek yang ditetapkan oleh Kementrian Perhubungan sebagai Jaringan Lintas Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Angkutan Barang. DAMRI memulai menyisir dari jalan hingga ke daerah 3TP (Tertinggal, Terpencil, Terluar dan Perbatasan) hingga sampai ke perbatasan dimulai 2020 ini.

 

Layanan ke Natuna ini bertujuan untuk mewujudkan konektivitas dan menjaga kestablilan harga antar wilayah, yang mencakup wilayah Barat dan Timur Indonesia. Serta meningkatkan perekonomian di Natuna. Angkutan Barang yang dilayani DAMRI di Natuna ini terhubung dengan Kapal Tol Laut yang dikelola oleh PELNI sehingga tercipta dan terbangun pula konektivitas antar moda.

 

Dalam rangka mendukung program tersebut, DAMRI juga sudah menyiapkan delapan unit kendaraan dengan spesifikasi muatan padat dan cool box. DAMRI berharap program ini dapat terus terlaksana sehingga dapat menurunkan biaya logistik, menekan angka disparitas harga barang, mendorong meningkatkan distribusi logistik dari dan ke Kabupaten Natuna dan sekitarnya, serta dapat meringankan beban para pelaku usaha.

 

Sumber: OkezoneBisnis.com

Foto: Istimewa

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU