Senin, 4 Maret 2024

Medsos Sebagai Perantara Ampuh untuk Meningkatkan Reputasi BUMN

ads-custom-5

Perkembangan Media Sosial dari tahun ke tahun sudah semakin pesat. Bagaimana tidak, apapun kegiatan dilandasi atas dukungan dari media sosial. Perusahaan perlu melihat pentingnya peran media sosial sebagai alat untuk berkomunikasi dua arah dan menjadi jalan pintas dalam penyampaian informasi maupun pendapat.

Untuk itu, Forum Humas BUMN menggagas acara BUMN Communications Week 2023 agar praktisi komunikasi perusahaan BUMN cepat beradaptasi dengan platform digital yang berkembang saat ini dan terbuka dalam merespons publik, demi menjaga reputasi perusahaan. Hal itu ditekankan oleh Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, dalam talkshow bertajuk “Transformasi Komunikasi untuk Tingkatkan Reputasi”. Arya mengatakan transparansi informasi adalah hal yang harus dilakukan, di mana semua kebijakan dan hal-hal yang menjadi pertanyaan publik harus dijawab secara tuntas, sehingga informasi tidak liar dan tidak membawa dampak negatif bagi BUMN.

Hal ini juga didasari karena BUMN saat ini justru punya sosial media ranger yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, karyawan BUMN juga banyak yang merupakan influencer, bahkan ada yang memiliki 50.000 followers. Karyawan kita makin top, dan influencer kita makin banyak,” tambah Arya. Langkah tersebut didukung Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang yang hadir sebagai narasumber dalam talkshow tersebut. Namun ia mengingatkan, penting untuk tidak terjebak dalam respons negatif di media sosial dan memilah mana yang perlu diberi tanggapan agar tidak bergulir menjadi bola liar. “Respons di media sosial itu perlu dilihat, apakah itu noise atau voice. Diksi yang kita gunakan untuk merespons juga penting untuk diperhatikan, jangan sampai justru akan merugikan,” ungkapnya. Rustika juga mengapresiasi BUMN yang dinilainya telah menjadi salah satu instansi terbaik di Indonesia dalam menerapkan strategi komunikasi, terutama di media sosial.

Pada pembukaan BUMN Communication Week 2023, Ketua Forum Humas BUMN sekaligus Corporate Secretary BRI mengungkapkan bahwa era digital memunculkan tantangan dan nilai-nilai baru dalam setiap aspek, termasuk di bidang kehumasan. Humas harus bisa menjaga dua hal krusial, yaitu dalam menjaga persepsi dan brand positioning. “Oleh karenanya, perhelatan Communications Week 2023 ini digelar dengan tema “Communications in A Digital World” agar humas BUMN memiliki satu visi bersama, tanpa meninggalkan value AKHLAK untuk memperkuat peta komunikasi publik. Tujuan utamanya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada perusahaan- perusahaan BUMN sehingga reputasi kepada BUMN pun akan terus semakin baik,” kata Aestika.

Source: CNBC

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU