Sabtu, 27 April 2024

Pelindo III Alami Peningkatan Arus Peti Kemas

ads-custom-5

Surabaya, BUMNInfo | PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III mengklaim bahwa arus logistik yang melalui Pelabuhan atau terminal di bawah pengelolaannya masih berjalan lancar sesuai target.

 

Apalagi, Perseroan mencatat kenaikan kinerja pada arus kapal hingga April ini sebesar 94,7 juta GT atau peningkatan 3% dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Sementara, arus petikemas secara keseluruhan hingga bulan April 2020 mengalami kenaikan sebesar 1% sebesar 1,6 juta twenty foot equivalent units (TEUs).

 

Menurut Direktur Utama Pelindo III Doso Agung, pertumbuhan tersebut terjadi karena beberapa jurus relaksasi dan stimulus  yang diberikan Perseroan kepada pelaku logistik agar lebih bergairah untuk menggenjot kegiatan ekspor impor dan domestik.

 

“Terjaganya kinerja positif jasa kepelabuhanan ini berkat komitmen Pelindo III bersama para pengusaha dalam upaya menjaga logistik. Di sisi lain, Pelindo III juga terus menjaga layanan operasional dengan tetap beroperasi selama 24 jam dalam 7 hari (24/7) sebagai komitmen menjaga kelancaran logistik Indonesia sehingga pelayanan aktivitas kepelabuhanan tetap terlayani dengan baik,” ungkap Doso dalam keterangan tertulis.

 

Stenven H Lesawengen Ketua DPC INSA jawa Timur mengapresiasi relaksasi dan stimulus yang diberikan oleh Pelindo III karena dapat membantu para pelaku logistik di tengah pandemi Covid-19.

 

“Dengan berbagai inovasi dan terobosan yang diberikan ini dapat menyemangati kami untuk menjaga iklim usaha  logistik baik ekspor/ impor maupun domestik,” tutur Stenven.

 

Sementara itu, dalam upaya memerangi penyebaran Covid-19 di kawasan pelabuhan, Pelindo III bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) telah menerapkan Standard Operating Procedure (SOP) sesuai protokol kesehatan khusus bagi kapal yang akan masuk ke kawasan pelabuhan dengan pengecekan kesehatan seluruh ABK secara langsung di atas kapal (on board) sebelum masuk ke alur menuju pelabuhan. Protokol juga diterapkan di seluruh gedung operasional milik Pelindo III.

 

Sumber: Pelindo IIIRepublika

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU