Minggu, 9 Juni 2024

AP 1 Bangun Home Stay Rp 3,5 M di Goa Lawa

ads-custom-5

Purbalingga, BUMNInfo | PT Angkasa Pura I mengucurkan dana CSR-nya dengan membangun home stay di komplek obyek wisata Goa Lawa Kabupaten Purbalingga. Peletakkan batu pertama pembangunan homestay ini, disaksikan Menteri BUMN) Rini M Soemarno, Rabu (2/10) petang.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, pembangunan homestay ini merupakan salah satu komitmen PT AP I dalam melaksanakan program Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang digagas Kementerian BUMN.

”Pembangunan homestay ini dimaksudkan untuk mendukung peningkatan kunjungan wisatawan, sehingga dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat di sekitar obyek wisata Goa Lawa. Saat ini, Goa Lawa Purbalingga (Golaga) telah menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Purbalingga,” kata Fahmi.

Menurutnya, anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan home stay ini mencapai Rp 3,5 miliar. Anggaran tersebut, antara lain untuk membangun 6 unit homestay dengan desain menyerupai buah nanas,  1 unit family homestay, dan bangunan public seperti cafe & workshopskybridge, pedestrian access, amphitheater dan parkir area untuk meningkatkan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Goa Lawa.

”Untuk memberikan keunikan, homestay yang dibangun memang menggunakan bentuk treehouse yang mencitrakan identitas dari Purbalingga. Design homestay diambil dari analogi bentuk buah nanas yang merupakan komoditas utama di wilayah sekitar Goa Lawa,” kata dia.

Menteri BUMN Rini M Soewarno, menyatakan Program Balkondes merupakan program yang diinisiasi Kementerian BUMN melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri. Tujuan ini, dimaksudkan untuk menumbuhkan peluang usaha pariwisata melalui pembuatan homestay, memperpanjang length of stay wisatawan.

”Kita sengaja buat konsep Balkondes di sini berbeda dengan yang lain. Di sini kita bikin rumah-rumah pohon, karena daerah ini banyak pohon yang harus kita lestarikan,” katanya.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, dalam kesempatan itu menyatakan pihaknya memang sedang mendorong sektor ekonomi unggulan antara lain di sektor pariwisata. ”Kabupaten  Purbalingga sebenarnya sudah memiliki banyak objek wisata, salah satunya adalah Golaga, juga memiliki desa-desa wisata,” imbuhnya.

Dengan adanya Balkondes di sekitar obyek wisata Goa Lawa, berharap tingkat kunjungan wisata di Purbalingga makin meningkat. ”Saya berharap, kunjungan wisatawan ke Purbalingga pada tahun-tahun mendatang, bisa menembus kunjungan wisata terbanyak di Jawa Tengah,” katanya.

Sumber : www.republika.co.id

Foto : Angkasa Pura

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU