Rabu, 21 Februari 2024

Semen Baturaja Ekspansi Bisnis Akuisisi Tambang Batu Kapur

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) berencana melakukan ekspansi. Salah satu agenda emiten semen ini adalah mengakuisisi tambang batu kapur untuk memperoleh sumber cadangan baru batu kapur di sekitar Pabrik Baturaja I dan II atau sekitar 35 km-40 km dari pabrik.

Di sisi lain, SMBR juga berencana membangun Pabrik Baturaja III. Rencananya pabrik tersebut akan berlokasi di Jambi.

Berdasarkan keterangan SMBR dalam materi paparan publik di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (16/8), nantinya pabrik ini akan berkapasitas 2 juta ton. Adapun saat ini rencana tersebut baru sampai tahap feasibility study.

Selain itu, strategi lain yang tengah digarap SMBR adalah peningkatan efisiensi pabrik melalui cement making center. Adapun program ini memberi fasilitas terintegrasi dengan jaringan transportasi kereta api antara SMBR di Panjang, Palembang.

Saat ini proses engineering mencapai 90% dan progres konstruksi mencapai 70%. SMBR menargetkan proyek ini selesai pada September 2019. Selanjutnya, pembebasan lahan tambang Pabrik Baturaja. Lokasinya bersebelahan dengan tambang existing dengan progres 74%. SMBR menargetkan pembebasan selesai pada semester dua ini.

Meskipun menyiapkan strategi tersebut, SMBR juga mencatat adanya penurunan permintaan semen pada semester I-2019. Tercatat permintaan semen turun 2,2% dibandingkan semester I-2018 atau menjadi 29,38 juta ton.

Sumber : kontan.co.id

Foto : Neraca

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU