Sabtu, 27 April 2024

Waskita Rampungkan Proyek Strategis Nasional Bendungan Gondang

ads-custom-5

Karanganyar, BUMNinfo | PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (Waskita) selesaikan Bendungan Gondang di Sungai Garuda, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Bendungan tersebut ialah salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN) dan telah diresmikan operasionalnya oleh Presiden RI Joko Widodo.

Sebagai kontraktor, Waskita mengerjakan konstruksi Bendungan Gondang, yang dimulai sejak tanggal 30 Mei 2014. Dengan kontrak pekerjaan sebesar Rp 595 miliar, lingkup kerja oleh Waskita antara lain pekerjaan coverdam, inlet terowongan, outlet terowongan, bendungan utama, spillway, tower intake, landscaping, dan mekanikal elektrikal.

Bendungan Gondang yang memiliki kapasitas tampung 9,15 juta meter3 dibangun untuk memenuhi kebutuhan air baku ibu kota Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen dengan debit 200 liter per detik bagi 200.000 jiwa, dan irigasi lahan pertanian seluas 4.680 hektar.

Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan air baku, Fery Hendriyanto Direktur Operasi III, Waskita mengatakan bendungan ini juga berfungsi sebagai pengendali banjir, pembangkit listrik mikrohidro 0,2 MW, destinasi wisata dan menjadi konservasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Garuda.

“Dengan adanya suplai air dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya dapat satu kali tanam setahun, diharapkan nantinya akan bisa 2-3 kali tanam“, ungkapnya

Rampungnya pekerjaan konstruksi Bendungan Gondang ditandai dengan kegatan peresmian pada 3 April 2019 di Bendungan Gondang, Karanganyar, Jawa Tengah. Dalam kegiatan tersebut turut hadir Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Bupati Karanganyar Juliyatmono, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hary Suprayogi, Direktur Operasi III Waskita Fery Hendriyanto, SVP Divisi Infrastruktur 3 Aris Mujiono, dan VP Divisi Infrastruktur 3 Norman Hidayat.

Sumber: ekonomi.bisnis.com

Foto: merdeka.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU