Jumat, 1 Maret 2024

Inalum Bangun Pabrik Pemurnian di Kalimantan Barat

ads-custom-5

Jakarta, BUMNinfo| PT Inalum saat ini tengah membangun pabrik pemurnian alumina di Mempawah , Kalimantan Barat yang telah dilakukan pencanangan proyeknya oleh meteri BUMN Rini Soemarno pada 4 April 2019 lalu.

Executive Advisor PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) Oggy A Kosasih mengatakan, pembangunan pabrik pemurnian alumina tersebut sangat berpotensi mampu menghemat biaya bahan baku Inalum sebesar USD200 juta.

Serta juga mengurangi ekspor mineral mentah sekaligus ketergantungan impor untuk sumber bahan baku dalam produksi alumunium.

Dalam pembangunannya Inalum menjalin kerjasama dengan PT Antam Tbk yang dituangkan dalam pengambilalihan PT Borneo Alumina Indonesia (BAI) sebagai perusahaan yang ditugaskan untuk membangun pabrik pemurnian alumina tersebut.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan sejak perubahan status menjadi BUMN pada 19 Desember 2013, banyak penyesuaian dan perubahan yang terjadi di perusahaan tersebut. Dengan status Inalum sebagai BUMN, perusahaan tersebut dituntut untuk terus berkomitmen dalam membangun negeri terlebih setelah ditunjuk sebagai induk holding industri pertambangan.

Sumber: economy.okezone.com

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU