Kamis, 2 Mei 2024

PLN Sudah Dirikan 1.000 Unit Lebih SPKLU, Targetkan 1.000 Unit Lagi di Tahun Ini

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info – PT PLN (Persero) mencatatkan telah mendirikan 1.124 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 776 titik di seluruh Indonesia. Dengan jumlah tersebut, diharapkan dapat melayani para pengguna kendaraan listrik di Tanah Air.

“Jadi sudah sangat banyak dan jangan khawatir, di Tol Trans Sumatra dan Trans Jawa sudah semuanya terpasang di sepanjang titik. Jadi tidak akan ada jeda kehabisan listrik,” kata Executive Vice President Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Retail PT PLN, Tonny Bellamy saat ditemui di arena pameran IIMS 2024, Senin, 19 Februari 2024.

Sementara itu, Vice President Marketing Management PT PLN Daniel Lestanto menuturkan bahwa di Tol Trans Sumatra dan Trans Jawa, saat ini sudah ada 64 unit SPKLU yang tersebar di 38 titik lokasi.

Kemudian, Daniel mengatakan di tahun ini, PLN merencanakan untuk membangun lagi 1.000 unit SPKLU di berbagai lokasi di Indonesia. Hal ini bertujuan mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

“Tahun ini kami siapkan untuk menambah kembali SPKLU di Indonesia, kurang lebih jumlahnya 900 sampai 1.000 station yang akan kami pasang,” ucap Daniel.

Dengan semakin banyaknya SPKLU yang tersebar di Indonesia, Daniel berharap para pengguna kendaraan listrik tidak perlu khawatir lagi kehabisan daya saat melakukan perjalanan jauh. Selain itu, SPKLU yang semakin banyak ini juga diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik.

“Para konsumen dari kendaraan listrik tidak perlu khawatir. Pada saat mereka akan membeli mobil atau motor listrik, kami siapkan solusinya segera,” ujarnya.

Sebelumnya, PLN menargetkan pembangunan SPKLU di Indonesia sebanyak 24.720 unit hingga tahun 2030. Jumlah tersebut untuk mendukung 254.181 unit mobil listrik yang ada di Indonesia pada akhir dekade ini.

“Ini proyeksi, target kami membangun SPKLU untuk menghidupi kebutuhan charging bagi mobil listrik itu,” kata Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan PLN, Wiluyo Kusdiwaharto di ITS Surabaya, Selasa, 11 Oktober 2022.

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU