Rabu, 10 April 2024

Pengapalan Perdana Batubara PLN

ads-custom-5

Jakarta, BUMNinfo | Pengapalan perdana Batubara PLN akhirnya dapat diwujudkan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero)-PELNI. Pengapalan perdana yang dimuat dari Pelabuhan Sungai Puting, Kalimantan Selatan ke PLTU Indramayu, Jawa Barat,  Sabtu (6/4) menggunakan TB Oceanus 203 dan BG Oceanus 32 dengan quantity 7.500 ton batubara.

Pengangkutan perdana batubara PLN merupakan implementasi transformasi bisnis PELNI yang  dicanangkan pada 2017 silam. Selama ini PELNI lebih dikenal sebagai BUMN transportasi laut angkutan penumpang. Setelah menandatangi Nota Kesepahaman (MoU)  dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)- PLN, pada Januari 2019 silam, pengapalan perdana batubara PLN dimulai.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero) Yahya Kuncoro mengatakan, PELNI selama ini dikenal sebagai  angkutan laut nasional melayani angkutan penumpang antar pulau. Secara bertahap PELNI bertransformasi memasuki bisnis angkutan barang yang diawali dengan pelaksanaan penugasan angkutan  barang Tol Laut dari pemerintah pada 2015. “Berawal dari Tol Laut, PELNI siap mengangkut komoditi batubara serta angkutan barang lain untuk kebutuhan proyek milik PLN,” terang Yahya Kuncoro.Pengangkutan batubara  PLN, lanjutnya menjadi titik kebangkitan PELNI melayani angkutan barang curah. Titik kebangkitan angkutan barang curah diawali  dengan penandatanganan Nota Kesepahaman, MOU pengangkutan logistik yang dilakukan oleh Direktur Pengadaan Strategis 2 Supangkat Iwan Santoso mewakili PLN dan Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut Harry Boediarto mewakili PELNI Jumat (4/1-2019) di Kantor PLN, Jakarta.

Sumber: www.pelni.co.id

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU