Kamis, 25 April 2024

Tahun ini, Pegadaian Jabar Targetkan Penjualan Logam Mulia 300 Kg!

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info – Tahun ini, Pegadaian Kanwil Jawa Barat (Jabar) optimistis penjualan logam mulia emas 24 karat tembus 300 kg. Target tersebut melihat potensi pasar di Jabar yang masih cukup besar.

Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kanwil X Jawa Barat Maryono, menyebutkan dengan jumlah penduduk Jawa Barat yang mencapai 50 juta, adalah potensi untuk meningkatkan penjualan emas baik pinjaman atau pembiayaan.

Market-nya masih cukup potensial. Tinggal pekerjaan rumah kami mengedukasi mereka. Karena masih banyak yang belum mengetahui investasi emas ini,” kata Maryono dalam keterangan resminya, Senin (25/3/2024)

Dari sisi share secara nasional, pemilik emas di Jawa Barat masih terbilang kecil. Pada tahun 2023 penjualan emas Pegadaian di Jabar sekitar 270 kg dari share nasional sekitar 8 ton logam mulia. Padahal secara populasi, penduduk Jabar tertinggi di Indonesia.

“Makanya pada tahun ini kami menargetkan penjualan emas mencapai 300 kg atau tumbuh 20 persen dari pencapaian tahun lalu sebanyak 270 kg,” ujarnya

Banyak pilihan investasi emas di Pegadaian, diantaranya cicil emas, tabungan emas, atau pembelian secara cash. Berbagai produk tersebut memiliki kelebihan mampu mengunci harga emas pada saat ini.

Selain itu, Pegadaian juga bisa menjadi tempat alternatif berinvestasi. Setidaknya, minimal ada dua hal yang harus diperhatikan dalam berinvestasi, yaitu legalitas perusahaan dan aturan yang logis. Masyarakat jangan sampai terjebak investasi bodong.

⁠Selain cicil emas, terdapat produk tabungan emas Pegadaian. Produk investasi ini sangat fleksibel, dengan uang Rp10.000, nasabah bisa berinvestasi emas. “Apapun kebutuhan Anda, seperti pinjaman maupun investasi, Pegadaian solusinya,” ujar Maryono.

Diakuinya, kontribusi bisnis emas di Pegadaian Kanwil X Bandung masih pada kisaran 3 persen. 80 persen masih dipegang bisnis utama yaitu gadai dan 15-17 persen pembiayaan mikro. Pihaknya berharap, bisnis emas dapat menyumbangkan pendapatan hingga 5 persen pada tahun ini.

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU