Sabtu, 20 April 2024

Capai 54%, Smelter Gresik Terbesar di Dunia Milik Freeport Beroperasi Tahun Depan!

ads-custom-5

Gresik, BUMN Info l Progres pembangunan smelter (pabrik pemurnian) oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) di kawasan Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE) Manyar, Gresik, Jawa Timur mencapai 54 persen. Smelter di Gresik merupakan “Smelter Design Singel Line” terbesar di dunia dengan kapasitas pengolahan konsentrat 1.700.000 dmt/tahun. 

“Kemudian lanjut ke smelter tembaga dan ‘precious metal refinery’ ini yang melakukan kegiatan PT Freeport Indonesia berlokasi di Gresik, Jawa Timur. Syukur Alhamdulillah progres yang sudah tercapai kami terinfokan mencapai 54 persen di akhir Januari 2023,” kata Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI, Senin, sebagaimana dipantau dari YouTube Komisi VII DPR RI, Selasa (7/2/2023).

Hendi Prio Santoso mengatakan, proyek tersebut ditargetkan rampung pada akhir 2023. Ia menyebutkan, akan mencapai 100 persen penyelesaian konstruksi di akhir 2023 dan akan lanjut ke fase ‘soft commissioning’ dan ‘ramp up’ operasi di Juni 2024.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat kunjungan ke kawasan JIIPE, Gresik, Jawa Timur, Kamis (2/2/2023) mengatakan realisasi investasi pembangunan proyek smelter PTFI di kawasan tersebut mencapai USD1,6 miliar.

Keberadaan smelter di Gresik merupakan “Smelter Design Singel Line” terbesar di dunia dengan kapasitas pengolahan konsentrat 1.700.000 dmt/tahun.

Sumber: emitennews

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU