Rabu, 22 Mei 2024

Telkomsel Masih Jadi Opsel Tercepat di Indonesia, Belum Ada Lawan

ads-custom-5

Jakarta, BUMN Info –  Kecepatan internet saat ini masih jadi hal yang paling diperlombakan oleh operator seluler (opsel) di Tanah Air. Untuk hal tersebut, berdasarkan riset terbaru Ookla, terungkap bahwa opsel pelat merah, Telkomsel masih belum terkalahkan untuk urusan kebut-kebutan internet.

Ookla menguji lima provider di Indonesia. Dalam laporan tersebut, Ookla masih memisahkan Indosat dan Hutchison 3 Indonesia (Tri) yang mana saat ini keduanya sudah resmi merger menjadi Indosat Ooredoo Hutchison atau IOH.

 

Di urutan berikutnya secara berurutan ada XL Axiata dengan kecepatan internet 19,18 Mbps, IM3 Ooredoo kecepatan internet 12,77 Mbps, Smartfren kecepatan internet 11,79 Mbps, dan Tri dengan kecepatan internet 10,90 Mbps.

Selain hal kecepatan, melalui riset teranyar Ookla ini, Telkomsel juga unggul dalam kategori provider median multi-server latency di angka 47 ms. Kemudian di posisi selanjutnya ada Smartfren dengan angka 56 ms, Tri 57 ms, IM3 Ooredoo, dan XL Axiata 60 ms.

Bersamaan dengan laporan terkait kecepatan, Ookla juga merilis laporan Speedtest Global Index Desember 2022. Dalam laporan ini, Ookla menyimpulkan kalau kecepatan internet di Indonesia masih tergolong lambat jika dibandingkan dengan banyak negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Untuk kategori internet mobile, rata-rata kecepatan download internet mobile Indonesia mencapai 17,45 Mbps. Sedangkan, untuk kategori internet fixed broadband itu di angka 25,45 Mbps.

 

Source : Jawapos

Dokumentasi : CNBC Indonesia

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU