Kamis, 29 Februari 2024

IPO Palm Co Ditunggu, Diprediksi Mampu Maksimalkan Potensi PTPN Group

ads-custom-5

Jakarta, BUMnInfo | Sub Holding PTPN Group, Palm Co sudah berencana untuk ikut dalam penawaran umum saham perdana (IPO) di bursa efek mulai tahun ini. Rencana ini dinilai merupakan strategi yang tepat untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki PTPN Group.

“Saya melihat inisiasi menjadi sub holding ini kemudian berlanjut ke IPO adalah langkah yang tepat. Dengan Palm Co, perusahaan telah membuat klaster yang lebih jelas dan kompetitif,” jelas Pengamat Pasar Modal Lucky Bayu Purnomo dikutip dari Liputan6.com.

Lucky juga menilai jika saham Palm Co akan menjadi primadona bagi investor mengingat aset perusahaan yang besar dan pengaruhnya yang dapat menambah kapitalisasi pasar saham domestik. Sebagai informasi, luas lahan Palm Co saat ini diketahui mencapai 500 ribu hektare dan ada pula land bank yang bisa dikembangan.

“Kalau kondisi fundamental perusahaan saya kira bagus karena bisa dilihat dari total aset. memiliki kapitalisasi pasar besar, sehingga menggerakkan aktivitas saham. Apalagi nilai asetnya bisa di atas Rp100 triliun,” ujar Lukcy.

Nilai aset Holding PTPN Group hingga Semester II/2022 mencapai Rp149 triliun meningkat sebesar 10,32 persen dari periode yang sama tahun lalu. Sejak melakukan reorganisasi, nilai aset PTPN Group menunjukkan tren naik. Sementara itu, Palm Co akan mengelola bisnis kelapa sawit dari PTPN I hingga PTPN IV.

Porsi Porsi bisnis sawit di Holdin PTPN Group yang akan dikelola oleh Palm Co sekitar 73 persen dalam laporan keuangan perusahaan per Juni 2022.

“Aset ini jagoan ini karena penguasaan lahan. Penguasaan lahan sekian banyak itu bukan menjadi pembeda, justeru menjadi satu keunggulan yang belum dapat dicapai oleh entitas lain karena memang latar belakang penggabungan lahan usaha PTPN,” jelasnya.

Bukan hanya unggul dari segi aset, Palm Co juga harus bisa menjawab apakah lahan yang luas itu menjadikan perusahaan agresif mencapai target kinerja, pertumbuhan nilai buku, laba per saham, kebijakan menerbitkan dividen, serta alat ukur keberhasilan kinerja emiten lain.

 

Sumber: liputan6.com

Dok: ik.imagekit.io

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU