Kamis, 25 April 2024

BUMN Siapkan Minyak Makan Merah, Akankah Jadi Alternatif Minyak Makan Nasional?

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Pemerintah menetapkan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sebagai wilayah proyek percontohan atau pilot project pabrik minyak makan merah yang akan diandalkan sebagai alternatif minyak makan bagi masyarakat luas. Oleh karena itu, sebanyak 3 pabrik dengan kapasitas 10 ton minyak makan per hari sedang dibangun. Masing-masing 1 unit di Kabupaten Deli Serdang, 1 unit di Langkat, dan 1 unit di Asahan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, meninjau langsung pabrik minyak makan merah di Kecamatan Pagar Merbau, Deli Serdang, Sumut, pada Jumat, 6 Januari 2023. Pada kesempatan tersebut, Erick Thohir meninjau dari dekat bangunan fisik pabrik yang akan dikelola Koperasi Petani Kelapa Sawit, yang berada di areal Kebun Tanjung Garbus Afdeling VI PTPN II. Lokasi ini berada persis di samping Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Pagar Merbau milik PTPN II.

Dikutip dari Liputan6.com, bidang hilirisasi minyak kelapa sawit melalui Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Frisda R Panjaitan menyebutkan, minyak makan merah bisa bersaing di pasar karena harga jualnya lebih kompetitif. Tidak hanya itu, minyak makan merah juga memiliki kandungan vitamin lebih tinggi dibanding minyak makan konvensional yang dikenal selama ini.

“Hanya saja warnanya tidak sejernih minyak makan biasanya, karena mengandung Vitamin A yang sangat tinggi,” jelas Frisda.

Menteri BUMN, Erick Thohir, merasa optimis proyek minyak makan merah yang lahir dari upaya mengatasi persoalan minyak makan yang selama ini selalu terjadi, akan bisa menjadi salah satu solusi.

“Minyak makan merah ini juga mengandung Vitamin A dan E, sehingga dapat membantu mengatasi stunting, yaitu gangguan pertumbuhan anak akibat kekurangan gizi,” ujar Erick.

Erick Thohir berharap proyek ini bisa berjalan dengan baik, dan diharapkan bisa menjadi contoh untuk kemudian dikembangkan ke seluruh tanah air. Jika proyek ini berhasil, maka bukan hanya petani kelapa sawit yang diuntungkan, tetapi juga seluruh rakyat Indonesia.

 

Sumber: liputan6.com

Dok: sawitsetara.net

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU