Senin, 20 Mei 2024

Jalan Tol Padang-Sicincin Bikin Hutama Karya Juara Inovasi Teknologi

ads-custom-5
Jakarta, BUMN Info l  PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) meraih juara pertama dalam lomba Inovasi Teknologi Pembangunan Jalan dan Jembatan melalui Video, berkat pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin. Adapun inovasi HKI yang dilombakan adalah penggunaan full displacement column (FDC).

FDC 

FDC merupakan salah satu metode rigid inclusion yang biasa dikenal dengan grout modular column (KGM). Metode ini dinilai dapat mengantisipasi kerusakan jalan tol akibat kondisi tanah lunak. FDC dilakukan dengan membuat lubang bor dengan penetrasi lapisan tanah tanpa mengeluarkan tanahnya ke permukaan hingga mencapai kedalaman yang direncanakan. Setelah itu, lubang bor diisi material penguat berupa cement grout, mortar, atau beton melalui ujung alat bor.

Efek kombinasi densifikasi akibat proses pengeboran dan penguatan tanah menggunakan material grout dapat meningkatkan modulus kekakuan pada tanah lunak. Metode FDC dinilai lebih fleksibel ketimbang metode perbaikan tanah lain karena dapat diterapkan di berbagai jenis tanah, baik pada tanah kerikil berpasir (sandy gravel), pasir, lanau, dan lempung, maupun tanah lunak (soft organic soil). Dengan catatan, tanah tersebut masih dapat dipindahkan atau dimampatkan. Tak hanya itu, metode FDC juga dapat memberikan peningkatan friksi kolom beton bertulang. Sebab, pengaplikasian metode ini disertai pemadatan sehingga dapat mengurangi penurunan konsolidasi tanah. Metode ini pun dapat mengurangi kompresibilitas tanah dan menurunkan potensi likuefaksi.

Menurut Direktur Operasi III HKI Selo Tjahjono, FDC yang diimplementasikan di proyek Jalan Tol Padang-Sicincin berguna untuk mengatasi permasalahan tanah lunak yang banyak dijumpai di lapangan. “Kami menggunakan FDC guna menurunkan potensi penurunan tanah lunak, sebagai mitigasi likuifaksi pada pasir berlanau yang lepas. Selain itu, penggunaan FDC juga akan meningkatkan stabilitas lereng di lapangan,” terang Selo.

 
 
Sumber: bumn.go.id

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU