Sabtu, 8 Juni 2024

Inovasi di Sektor Digital, PT Pos Indonesia Terapkan FastPOS untuk Keagenan

ads-custom-5

Bandung, BUMNInfo | PT Pos Indonesia (Persero) terus berinovasi di sektor digital. Salah satu komitmen tersebut adalah meluncurkan platform digital dalam bentuk aplikasi bernama FastPOS dengan menggandeng PT Siber Ekosistem Optima (SEO).

FastPOS diluncurkan agar aktivitas layanan jasa pengiriman barang lebih efektif dan juga memperluas jangkauan pelayanan penjemputan dan pengiriman logistik dari para pelanggan.

Direktur Komersial PT Pos Indonesia, Charles Sitorus, mengatakan, FastPOS akan mendukung efektivitas dari sistem portal pengiriman milik PT Pos Indonesia yang bernama QOB (Q-Online Booking).

Keduanya akan terkoneksi langsung dengan para kurir-kurir yang tergabung dalam platform FastPOS guna menjemput barang secara langsung.

“Dengan terkoneksinya server portal QOB dan FastPOS menjadi jawaban Pos Indonesia guna memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya pelanggan setia PT Pos Indonesia dalam hal pelayanan jemputan pengiriman barang secara langsung melalui aplikasi digital,” ujar Charles seusai penandatanganan kerja sama keagenan di Kantor Pusat PT Pos Indonesia, Jalan Cilaki, Senin (27/1/2020).

Selain itu, PT Pos Indonesia dan SEO juga tengah mempersiapkan sebuah program yang akan mampu melayani pengiriman barang dan juga memfasilitasi serta mendorong peningkatan bidang usaha kecil dan menengah masyarakat Indonesia.

Tujuannya agar usaha kecil dan menengah dapat terus bertumbuh bersama dalam memperbaiki sektor produksi, perluasan pasar, dan dukungan jasa logistik yang berteknologi, guna meraih masa depan yang lebih baik.

Dari kolaborasi ini, kata Charles, PT Pos Indonesia akan menggarap pasar e-commerce secara total dari hulu hingga hilir.

“Target kami adalah makin memudahkan akses dan distribusi masyarakat serta pelaku usaha e-commerce, dan dengan FastPOS kami berharap mampu meraih minimal sepuluh persen dari total pengiriman e-commerce per hari tersebut,” ucapnya.

Charles menambahkan, kekurangan sistem pelayanan PT Pos Indonesia dalam era digitalisasi selama ini adalah layanan online pick up secara langsung. Karena itu, hadirnya FastPOS diharapkan menjadi solusi dari pemenuhan kualitas layanan PT Pos Indonesia.

“Jadi untuk menikmati layanan ini masyarakat cukup mengunduh aplikasi mobile di smartphone secara gratis, kemudian masuk ke pilihan kiriman, data akan langsung terkoneksi dengan operator kurir FastPOS yang akan datang langsung dan melayani pengiriman, karena sifatnya sudah on demand dan otomatis,” ujar Charles.

Direktur Utama PT Siber Ekosistem Optima, Ery Saputra, mengatakan, sebagai mitra strategis yang telah dipercaya oleh PT Pos Indonesia, tidak ingin tanggung-tanggung dalam mengkomunikasikan layanan baru ini kepada masyarakat.

Menurutnya, kerja sama ini merupakan titik awal dari serangkaian kegiatan dan edukasi yang akan berujung pada Grand Launching FastPOS bertajuk “Salam Indonesia – Kembalinya Sang Legenda” pada Febuari 2020 di Area Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

“Ini merupakan niat utama kami dalam membangun sebuah ekosistem bersinergi untuk negeri. Karenanya FastPOS yang merupakan seratus persen karya anak bangsa akan terus dibutuhkan dan membutuhkan dukungan masyarakat untuk terus mengembangkan teknologi bersama PT Pos Indonesia, khususnya di era industri 4.0,” kata Ery.

Sumber : jabar.tribunnews.com

Foto : Tribun Jabar/Cipta Permana

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU