Senin, 15 Juli 2024

Harga Teoritis Saham BBTN Resmi Keluar! BEI Sebut Capai Rp1.355

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Setelah melakukan right issue, harga saham baru BBTN akhirnya resmi diumumkan. Bursa Efek Indonesia (BEI) menyampaikan jika harga teoritis saham BBTN saat ini yaitu Rp1.355 per unit. Harga teoritis muncul karena harga saham mengalami penyesuaian posisi setelah penerbitan sejumlah saham baru dengan harga pelaksanaan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Pada perdagangan sesi I, Jumat (23/12/2022) saham BBTN terparkir pada posisi Rp1.355. Adapun harga saham BBTN kemarin ditutup Rp1.405 atau menguat 0,72 persen pada tanggal cum date. BBTN-R atau bentuk saham baru ini rencananya akan didistribusi ke investor paling cepat 27 Desember atau sehari sebelum dimulainya perdagangan rights. Nilai saham BBTN akan berubah setelah mengeksekusi rights sesuai proporsi yang dimiliki. 

Periode exercise rights atau perdagangan rights akan berlangsung mulai 28 Desember hingga 5 Januari 2023. Adapun investor yang tidak mengeksekusi rights, maka kehilangan kesempatan untuk membeli saham baru BBTN di harga Rp1.200. Saham yang tidak dieksekusi ini bisa jadi akan dibeli oleh investor lain yang membutuhkan tambahan alokasi, diserap pembeli siaga atau opsi lainnya kembali masuk ke dalam portepel.

Sebelumnya, Analis Jasa Utama Capital Cheryl Tanuwijaya menilai rights issue BBTN tetap menarik untuk diikuti karena harganya cukup murah. Menurutnya risiko untuk penurunan harga jauh lebih rendah dibandingkan potensi kenaikannya.

“Sebenarnya anomali ketika saham BBTN terkoreksi menjelang cum date rights issue. Namun, begitulah market, bisa bergerak di luar kebiasaan dan prediksi banyak analis. Rights issue BBTN kali ini bakal sukses karena mereka punya rekam jejak positif dalam melakukan aksi korporasi,” ungkapnya dalam riset, Rabu (21/12/2022).

 

Sumber: bisnis.com 

Dok: promediateknologi.com 

 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU