Sabtu, 27 April 2024

Waskita Bangun Jaringan Gas Rumah Tangga di Kalimantan Timur

ads-custom-5

Jakarta, BUMNINfO | PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui EPC Division membangun Jaringan Gas Rumah Tangga (Jargas Rumah Tangga) dengan memanfaatkan gas bumi yang ramah lingkungan. Salah satu Jargas Rumah Tangga ini dibangun di wilayah Penajam Passer Utara, Kalimantan Timur.

SVP EPC Division Purma Yose Rizal mengatakan, pembangunan Jargas Rumah Tangga ini dapat mengurangi emisi karbon dioksida (CO2) hasil pembakaran. Selain di Kota Penajam Passer Utara, Jargas ini juga akan dibangun di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur dan Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

“Pembangunan Jargas kota Tarakan memiliki panjang jalur pipa induk sekitar 8.033 meter,” kata Purma dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Rabu (03/03/2021).

Menurut Purma, pasokan Jargas Rumah Tangga untuk Kota Tarakan berasal dari Medco Energy Field Tarakan 0,2 dan PHE Field Bunyu 0,3 dengan total 0,5 MMSCFD dan terpakai 0,48 MMSCFD. Kemudian panjang jalur pipa distribusi yaitu 105.012 meter dengan jumlah sambungan rumah sebanyak 5.084 capel.

Sementara, standar desain untuk saringan pipa memiliki daya tahan perpipaan minimal 20 tahun. Hal ini sesuai dengan standarisasi yang dikeluarkan oleh Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM. Diameter pipa yang dipergunakan adalah 6 inci, 4 inci, 10 milimeter, 125 milimeter, dan 90 milimeter.

 

Sumber: kompas.com

Foto: Gedung Waskita Karya

 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU