Minggu, 28 April 2024

Erick Thohir Bidik BUMN Garam untuk Go International

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong agar PT Garam (Persero) dapat melakukan ekspansi ke industri global. Ia menginginkan perseroan untuk terus mengembangkan bisnis garam industri yang selama ini kebutuhan dalam negerinya masih didominasi impor.

 

Erick menjelaskan, selama ini PT Garam terlalu berfokus pada kebutuhan garam untuk konsumsi saja. Jika perseroan membidik peningkatan produksi garam industri, maka akan meningkatkan pendapatan bagi perusahaan, terlebih bila PT Garam berinvestasi di luar negeri. Sehingga meski garam harus diimpor tapi merupakan produk yang sudah dalam proses nilai tambah oleh PT Garam nantinya di luar negeri.

 

Hingga saat ini, Erick masih dalam tahap diskusi dengan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian agar PT Garam bisa diberikan kesempatan berinvestasi hingga ke luar negeri. Namun, ia tak menjelaskan lebih lanjut terkait proses pembicaraannya dengan dua kementerian tersebut.

 

“Garam masih fokus pada garam konsumsi, bagus tapi garam kebutuhan industri impor. Kita sedang bicara dengan Menteri Koordinator Perekonomian, Menteri Perdagangan mungkin nggak perusahaan garam BUMN diberikan kesempatan untuk mulai melihat potensi investasi di luar negeri, bukan di sini, untuk melihat garam industri,” kata Erick dalam video conference.

 

Dia mengungkapkan, proses ini memang membutuhkan waktu yang cukup panjang namun memiliki potensi bisnis yang besar dan didorong untuk bisa diimplementasikan dalam jangka waktu satu hingga dua tahun ke depan.

 

Sumber: CNBC Indonesia, CNN Indonesia

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU