Senin, 29 April 2024

Pertamina Siapkan 3 Fase Pembangunan Kilang Balongan

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Pertamina (Persero) terus melanjutkan pembangunan Refinery Development Master Plan (RDMP) Kilang Balongan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Rencananya, penggarapan kilang yang terbagi dalam tiga fase tersebut akan selesai pada 2026.

 

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina, Ignatius Tallulembang mengatakan, pihaknya menyiapkan fase pertama melalui peningkatan kapasitas produksi, di mana saat ini Kilang Balongan juga sudah menerapkan dual feed competition.

 

“Studi kelayakan RDMP Balongan tahap I sudah dilakukan, dan dilanjutkan dengan penetapan dan pengadaan lahan,” ujar dia dalam sesi teleconference.

 

Selanjutnya, fase kedua yakni tahap pemulaian produksi pada 2022 mendatang. Ignatius menyebutkan, tahap II saat ini juga tengah dilakukan studi kelayakan (feasibility study). Kemudian untuk fase ketiga yakni pengembangan komplek kilang terintegrasi Petrokimia di Balongan, di mana Pertamina menggandeng dua perusahaan energi asing raksasa, China Petroleum Corporation (CPC) dan Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC).

 

“Kita akan bangun bersama CPC dan ADNOC untuk membangun crude to chemical. Balongan fase tiga akan selesai pada 2026,” kata Ignatius.

 

Ignatius menyampaikan, Pertamina sudah melakukan kesepakatan Head of Agreement dengan ADNOC. Perseroan juga telah melakukan penandatanganan dengan CPC, yang akan disaksikan langsung oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia serta Menteri BUMN Erick Thohir.

 

Sumber: MerdekaCNN Indonesia

Foto: Portonews

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU